Breaking News

Jelang Salat Id 1442 Hijriah

Pengurus Mesjid Agung Babussalam Bener Meriah Perhatikan Prokes Covid 19

Pengurus Mesjid Agung Babussalam Bener Meriah Perhatikan Prokes Covid 19

Redelong, BERITAMERDEKA.net - Pengurus Mesjid Agung Babussalam Kabupaten Bener Meriah, bersama panitia pelaksana salat id melaksanakan kerja bakti pembersihan lapangan yang akan direncanakan sebagai tempat salat Idul Fitri 1442 H yang bertempat di lapangan Mesjid Agung Babussalam Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (08/05/2021).

Tampak di halaman mesjid sebanyak 14 mesin babat beroperasi untuk membersihkan rumput-rumput liar yang sudah terlalu tinggi di lapangan tersebut. Ikut juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bener Meriah, Taslim, S, Ag, M.Sos.

Ketua Panitia Pembangunan Mesjid Agung Babussalam, Tgk Mahyuddin Bsc, menyebutkan sebanyak 4.000 orang diperkirakan mengikuti salat Idul Fitri di Lapangan Mesjid Agung Babussalam Kabupaten Bener Meriah. Salat id akan digelar dengan konsep outdoor untuk menampung para jemaah dan untuk tertibnya protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid 19.

"Rata-rata di atas 4.000 orang. Tahun lalu sekitar segitu. Kita salat nggak di masjid ya. Di lapangan. Tidak di dalam karena jama'ah terlalu banyak, untuk bisa tertibnya protokol kesehatan," kata Mahyuddin.

Tgk. Mahyuddin menambahkan salat id 1442 H, sudah diatur oleh Kementerian Agama RI. Panduan mengenai penyelenggaraan salat Idul Fitri tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid.

Salah satu point ketentuan tersebut yakni Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat diadakan di masjid dan lapangan hanya di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, yaitu zona hijau dan zona kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang; Salat Idul Fitri dilaksanakan di mesjid dan lapangan, wajib memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Tahun 2021 ini Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan aturan penyelenggaraan salat Idul Fitri 1442 H," tutur Mahyuddin.

Panitia penyelenggara Salat Idul Fitri sebelum menggelar salat Idul Fitri di lapangan terbuka wajib berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Satgas Penanganan Covid-19 dan unsur keamanan setempat.

"Pembersihan lapangan ini sudah jauh hari kita lakukan untuk memaksimalkan ketentuan pemerintah dalam penyelenggaraan shalat id 1442 H yang secara kabupaten dipusatkan di lapangan Masjid Agung Babussalam Kabupaten Bener Meriah," tutup Mahyuddin.  | Roma |

Editor:
Sponsored:
Loading...