Breaking News

Pemuda Blang Kuta Coh, Melaksanakan praktek Fardhu Kifayah

Pemuda Blang Kuta Coh, Melaksanakan praktek Fardhu Kifayah

Bireuen, BERITAMERDEKA.net - Fardhu kifayah dan fardhu 'ain memiliki arti yang berbeda. Keduanya adalah pembagian ibadah dan amal.
Menurut buku 'Akhlaqul Karimah' oleh Hamka, Fardhu kifayah adalah tugas kewajiban bersama. Sebelum ada yang memulai mengambil inisiatif semuanya bertanggung jawab.

Demikian dikatakan  Basri Muhammad Keuchik Blang Kuta Coh, Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, Senin (10/5/2021) di desa setempat, selesai pelatihan pemuda/pemudi tentang praktek fardhu kifayah (mandi dan salat jenazah serta pengeburannya).

Dikatan Basri, contoh tentang fardhu kifayah antara lain mengurus jenazah. Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda; Artinya: "Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyalatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth." Ada yang bertanya, "Apa yang dimaksud dua qiroth?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lantas menjawab, di. "Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar." (HR. Bukhari dan Muslim )

Hukum Salat Berjamaah bagi Laki-laki dan Perempuan. Seluruh kegiatan masyarakat untuk mencapai yang lebih sempurna adalah fardhu kifayah. Kata hadits, orang itu mendapat pahala karena inisiatifnya dan dia pun mendapat pula tambahan pahala dari setiap orang yang mengikuti jejaknya.

Namun di antara perbuatan yang dihukum dengan fardhu kifayah ini ada perbuatan-perbuatan tertentu, hanya dapat dilaksanakan oleh kalangan terbatas yaitu; perbuatan-perbuatan yang memerlukan keahlian khusus seperti perbuatan dalam bidang fatwa, medis, SAR, perbuatan yang memerlukan dana besar dan lain sebagainya.

Sedangkan fardhu 'ain merupakan ibadah dan amal yang harus dikerjakan sendiri. Seperti salat, puasa, zakat, dan haji. Demikian juga dengan memberi nafkah istri, menyekolahkan anak dan menuntut ilmu.

Sehingga fardhu 'ain wajib dilakukan oleh setiap muslim dan fardhu kifayah cukup satu atau beberapa orang yang melakukan. (Umar A Pandrah).

Editor:
Sponsored:
Loading...