Breaking News

Pemilu Amerika Makin Panas, Hasil Polling Joe Biden Ungguli Trump

Pemilu Amerika Makin Panas, Hasil Polling Joe Biden Ungguli Trump

Amerika Serikat, BERITAMERDEKA.net Calon presiden Joe Biden unggul dalam polling nasional menjelang pemilu Amerika Serikat. Mantan wakil presiden AS itu unggul di beberapa negara bagian yang menjadi medan pertempuran melawan Donald Trump.

Meski demikian hasil polling tak mencerminkan kondisi sebenarnya dalam pemilu Amerika karena mekanisme pemilihan melalui Electoral College.

Donald Trump pun bersikeras hasil polling itu salah dan dia akan mengulangi kemenangannya pada 2016. Saat itu hasil polling pilpres AS juga mengunggulkan pesaingnya, Hillary Clinton.

Dalam hasil polling terbaru ini bahkan selisih suara poin persentase antara Biden dan Trump terkadang mencapai dua digit.

Kedua kandidat dipilih di Electoral College yang beranggotakan 538 orang, di mana setiap negara bagian memiliki jumlah suara elektoral yang setara dengan perwakilan di DPR dan Senat.

Perolehan suara elektoral dari negara bagian yang menjadi medan pertempuran, seperti Florida dan Pennsylvania, bisa menentukan pemenang pilpres.

Berikut hasil polling nasional dan beberapa negara bagian medan pertempuran utama, seperti dikutip dari AFP:

1. Polling nasional
Polling nasional yang dirilis di RealClearPolitics (RCP) menunjukkan Biden keunggulan 6,8 poin atas Trump, yakni 50,7 persen berbanding 43,9 persen.

Lembaga survei lain seperti FiveThirtyEight, menunjukkan Biden unggul 8,4 poin dari Trump.

2. Florida
Di Florida, Biden unggul 1,7 poin atas Trump, menurut rata-rata polling RCP.
Polling Siena College/New York Times juga menempatkan Biden unggul 3 poin di negara bagian berjuluk Sunshine State itu.

Namun polling Washington Post/ABC News menempatkan Trump unggul 2 poin.
Pada 2016, Trump menang atas Hillary di Florida dengan mendapatkan 29 suara elektoral.

3. Pennsylvania
Biden unggul 2,9 poin dari Trump di Pennsylvania berdasarkan rata-rata polling RCP. Di negara bagian ini kedua kandidat memperebutkan 20 suara elektoral.

Pada 2016, Trump menang di Pennsylvania dengan mendapatkan 44.000 suara dan berharap kembali menguasainya.

4. Michigan dan Wisconsin
Michigan dan Wisconsin merupakan dua negara bagian Midwestern yang dimenangkan Trump dengan tipis pada 2016, namun polling RCP menunjukkan dia tertinggal dari Biden.
Menurut RCP, Biden unggul 5,1 poin atas Trump di Michigan.

Keduanya memperebutkan 16 suara elektoral di negara bagian ini. Sementara di Wisconsin Biden unggul 6,6 poin dan keduanya memperebutkan 10 suara elektoral.

5. Arizona dan Carolina Utara
Negara bagian Arizona dan Carolina Utara dimenangkan Trump pada 2016.
Menurut RCP, Biden unggul 0,5 poin di Arizona, yang memiliki 11 suara elektoral. Namun Trump memimpin dengan 0,5 poin di Carolina Utara yang memiliki 15 suara elektoral.

6. Georgia, Iowa, Ohio, dan Texas
Empat negara bagian lain juga diawasi dengan ketat kali ini, Georgia (16 suara elektoral), Iowa (enam), Ohio (18) dan Texas (38).

Trump memenangkan keempat negara bagian dengan relatif mudah pada 2016, namun hasil polling saat ini menunjukkan persaingan ketat dengan Biden.

Berdasarkan polling RCP, Trump unggul 0,2 poin di Georgia atas Biden dan unggul 1,4 poin di Iowa dan Ohio. Selain itu Trump juga memenang Texas dengan 1,2 poin. Namun perolehan itu jauh lebih kecil dibandingkan hasil pada 2016.(*)

Sumber:Inews.id
Sponsored:
Loading...
Loading...