Breaking News

Pemecatan Ketua Unit SPBUN PTPN1 tidak Sah

Pemecatan Ketua Unit SPBUN PTPN1 tidak Sah
Muslim A Gani

Langsa, BERITAMERDEKA.net - Kuasa Hukum Pengurus SPBUN Tingkat Perusahaan PT.Perkebunan ( PTPN 1 ), Muslim A Gani, rabu 29 April 2020 kepada Beritamerdeka.net di kantornya mengatakan, tindakan pemecatan yang dilakukan oleh Pengurus Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) Tingkat Perusahaan PT. Perkebunan -Nusantara 1, itu Tidak Sah karena Ketua Ketua Unit / Basis PT. Perkebunan Nusantara - 1, dipilih berdasarkan hasil musyawarah para anggotanya ditingkat unit , bukan dipilih oleh Pengurus SPBUN Tingkat Perusahaan PT. Perkebunan.. Nusantara-1.

"Ketua ketua unit itu diberhentikan harus dengan mekanisme yang tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) SPBUN Tingkat Perusahaan PT. Perkebunan Nusantara -1, tidak boleh dilakukan secara membabi buta, apalagi Pengurus Antar Waktu Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) Periode 2016-2021 sejak tanggal 18 Februari 2020 sudah dengan sendirinya demisioner dengan ditetapkannya Pengurus baru Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) Tingkat Perusahaan PT. Perkebunan Nusantara -1 Periode 2020-2025 dibawah kepemimpinan M.Yakop Ar dkk," kata Muslim pengacara kawakan kota Langsa itu.

Lebih lanjut dikatakan, Direktur Lawfirm Acheh Legal Consult itu, menyampaikan dengan tegas kepada semua manager unit basis dibawah PT.Perkebunan Nusantara - 1 harus patuh kepada surat direksi PT.Perkebunan Nusantara-1 dimana isinya dengan tegas menyatakan managemen tidak mencampuri urusan internal organisasi sepanjang tidak bertentangan dengan undang - undang .

Terkait dengan hal ini jelas Muslim, semua manager Unit Perkebunan dilarang melangkahi ketentuan tersebut apalagi mencabut kewenangan Ketua Unit SPBUN dengan alasan pengurus demisioner adalah pengurus yang sah.

Kata Muslim A Gani lagi, tak ada istilah demisioner itu pengurus sah, kalau ada manager yang menafsirkan pengurus demisioner adalah pengurus yang sah jelas itu keliru, maka kami berharap semua unit untuk terus bekerja sama dengan unit SPBUN yang sah dengan masa periode 2017-2022, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari Federasi dalam memfasilitasi Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) Tingkat Perusahan Pengurus Baru 2020-2025 kita tinggal tunggu pengesahan . | Syafrul |

Sponsored:
Loading...
Loading...