Breaking News

Bank Aceh

Pemasangan Jaringan Gas Kota Langsa Rampung 65 Persen

Pemasangan Jaringan Gas Kota Langsa Rampung 65 Persen
Surya

Langsa, BERITAMERDEKA.net
Mega proyek jaringan Gas Rumah Tangga yang dikerjakan PT.Adhi Karya di dua Kabupaten kota, yakni Langsa 5811 rumah dan Kabupaten Tamiang kini terus di genjot pengerjaanya.

Kota Langsa sudah mencapai 65% pemasangannya. Sementara Kabupaten Aceh Tamiang masih salah tahap pengalian dan pemasangan pipa bawah tanah.

Khusus untuk kota Langsa, General Affair PT. Adhi Karya, Surya membenarkan hal tersebut. Ianya yakin di bulan Agustus pekerjaan pengalian dan ngerojok selesai.

“Direncanakan pertengan Agustus pekerjaan ngerokok rampung dan pekerjaan galian untuk 3 Kecamatan 7 sektor dan 14 Desa dalam wilayah Kota Langsa sudah mencapai 65% lebih”, ungkap Surya, Selasa 21Juli 2020

Kata Surya lagi, kebutuhan gas yang disalurkan kerumah tangga menggunakan pipa PE diameter 63 MM = 41.067 M. Pekerjaan manual boring berdiameter 63 MM sepanjang 39.701M.

Ditambahkan, pembongkaran jalan beton 113 meter, Pembongkaran jalan aspal 710 meter. Schedul intalasi pemasangan kerumah warga selesai Sepetember 2020.

“Untuk pemasangan instalasi Jargas pada 5.811 calon pelanggan secara gratis dan di berikan kompor dua tungku tanpa di pungut biaya apapun”, paparnya.

Lanjutnya, menurut info dari team Dirjen Migas harga gas hanya 4300-4500 perkilo kubik, dimana secara perhitungan pemakaian pelanggan 1 bulan 10 kilo kubik.

“Jika pemakaian 10 kilo kubik perbulan dikali 4300, maka pelanggan hanya merogoh kocek per bulan Rp.43.000. ini jauh lebih murah dari pemakaian gas 3kg di pangkalan”, terang Surya.

Dikatakan Surya, program strategis nasional (PSN) merupakan program Presiden Joko Widodo dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu, termasuk masyarakat Kota Langsa.

Namun, dalam setiap proses pembangunan pasti ada yang dirugikan, tapi manfaat yang didapat lebih besar. Galian yang dilakukan akan dikembalikan seperti semula sampai pekerjaan instalasi jaringan fix.

“Apresiasi support Pemko Langsa dan awak media sehingga pekerjaan PSN jargas di Langsa berjalan lancar. Harapannya tahun depan kuota calon pelanggan untuk Kota Langsa bisa lebih banyak lagi”, harap Surya.

Mewakili PT Adhi Karya, Surya meminta maaf jika pekerjaan sedikit mengganggu pengguna jalan. Namun setelah pengetesan fix sesuai prosedur, maka semua galian akan dipadatkan.

“Kita kembalikan seperti sedia kala, dimana aspal kembali aspal dan beton akan dirapikan dengan beton pula”, imbuhnya.|syafrul|

Sponsored:
Loading...