Breaking News

Pelaminan Aneuk Jame Warnai ODTW Tapak Tuan Tapa

Pelaminan Aneuk Jame Warnai ODTW Tapak Tuan Tapa

Tapaktuan,BERITAMERDEKA.net – Objek Destinasi Tempat Wisata (ODTW) Tapaktuan Tapa di Gampong Pasar, Tapaktuan, Aceh Selatan, kian ramai dikunjungi wisatawan lokal  maupun nusantara.

Apalagi ODTW tersebut, sudah dilengkapi dengan spot-spot yang unik, salah satunya pelaminan adat aneuk jame sebagai sarana edukasi pengenalan budaya setempat.

“Ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung, kami sudah melihat lokasi wisata Tapak Tuan Tapa plus legendanya dan penting juga bagiku untuk mengenal budayanya”, kata Ichdar Tarigan salah seorang wistawan berKTP Kota Medan-Sumatera Utara dengan logat Medan-nya saat mengenakan busana adat pria, Ahad kemarin.

Aan selaku pengelola ODTW, terlihat membantu memasangkan baju adat kepada Ichdar, salah satu wisatawan nusantara. Ichdar mengatakan pengunjung dapat berselfi di lokasi pelaminan secara gratis kecuali pengunjung minta dikenakan pakaian adat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Safril melalui Harun Kabid. Pengembangan Destinasi dan Industri wisata, menuturkan pelaminan adat aneuk jame dilakosi wisata bertujuan memfasilitasi pengunjung untuk lebih mengenal budaya masyarakat setempat.

“Disamping itu juga meningkatkan jumlah pengunjung ke ODTW Tapak Tuan Tapa yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan terbukti ODTW ini kian ramai dikunjungi ”, ujarnya.

Harun mengungkapkan, menghadirkan pelaminan adat dengan sulaman emasnya secara lengkap, memerlukan anggaran yang besar. Tetapi Dinas Pariwisata setempat berupaya untuk itu dan terwujud. Ini tidak terlepas dari dukungan penuh Dekranas Aceh Selatan yang diketuai ibu Khailida, S.Pd. istri dari Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran.

Amatan BERITAMERDEKA.net di lokasi tetap ramai terutama di hari-hari libur. Sebagian pengunjung patuh dan taat dengan protokol kesehatan. | herian |

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...