Breaking News

Pecah Rekor, 60 Ton Durian Malaysia Terjual Rp 221 Milyar Dalam Tempo Satu Jam  

Pecah Rekor, 60 Ton Durian Malaysia Terjual Rp 221 Milyar Dalam Tempo Satu Jam  

BERITAMERDEKA.net - Durian memang memiliki cita rasa yang unik apalagi aromanya yang khas, membuat sebagian orang tidak menyukainya atau sebaliknya sangat menyukainya.

Nah, bagi penikmat durian kadang harga tidak menjadi masalah untuk bisa merasakan buah ini.

Sebuah rekor baru saja dipecahkan sebanyak 300.000 buah durian ( 60 ton ) Musang King ludes terjual dalam waktu kurang dari satu jam dalam penjualan kilat online di Tiongkom.

Seperti dilansir Pikiranrakyat. com dari The Star, penjualan online yang baru saja dilaksanakan merupakan bagian dari festival durian online Tiongkok-Malaysia (Guangxi) 2020 di Kota Qinzhou, Tiongkom.

Dengan berat total sekitar 60 ton, durian terjual habis tepat dalam waktu satu jam dengan penjualan tercatat sekitar 61,2 ringgit Malaysia atau $ 14,7 juta, setara dengan Rp 221 miliar.

Penjualan rekor diumumkan pada peluncuran festival durian, yang dilakukan di Kuala Lumpur dan Raub, Pahang.

Utusan khusus Perdana Menteri untuk Tiongkok Tiong King Sing mengatakan dia yakin bahwa ekspor durian Malaysia ke Tiongkok akan berdampak positif pada perdagangan antara kedua negara.

Menurut data statistik, diketahui Tiongkok mengimpor sebanyak 600.000 ton durian senilai $ 1,7 Miliar pada tahun 2019, dengan 7.700 ton durian senilai $ 67 juta setara Rp989 miliar berasal dari Malaysia.

“Meskipun ada wabah Covid-19, saya yakin permintaan durian Malaysia tidak akan terancam,” katanya dalam pidato yang dibacakan oleh direktur dewan bisnis Malaysia-Tiongkok Datuk Fong Tian Yong pada acara di Kuala Lumpur.

“Kita harus terus meningkatkan jumlah ini untuk memberi manfaat bagi kedua negara dalam hal ekonomi dan berbagi sumber daya, budaya serta pengetahuan,”ucapnya.

Diketahui durian memang banyak tumbuh di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand hingga Indonesia.

Menurut data pengekspor durian terbesar berasal dari Thailand, negara Gajah Putih itu mampu mengembangkan kultivar dengan mutu tinggi dan sistem budidaya yang baik.

Karena aromanya yang menyengat, sejumlah perusahaan dan maskapai penerbangan melarang orang membawa durian, misalnya di kabin pesawat, di kendaraan angkutan umum ataupun dibawa ke hotel.

Di Indonesia sendiri, buah durian sangat digemari. Jika musim durian tiba, buah satu ini dapat ditemui dengan mudah.

Bahkan kini untuk menikmati Durian tak perlu menunggu musimnya, kini panganan berbahan durian seperti Es Krim Durian, Bolu Durian, Mochi Durian, dan sebagainya jamak ditemui di pasaran.

Di Indonesia, jenis durian yang paling terkenal adalah Durian Mimang yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah.(*)

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...