Breaking News

Pasutri Warga Semarang, Wakafkan Tanah Kebun di Gampong Panton Luas untuk Yayasan MUG

Pasutri Warga Semarang, Wakafkan Tanah Kebun di Gampong Panton Luas untuk Yayasan MUG
Pemberi dan Penerima wakaf diabadikan bersama. (Beritamerdeka.net/Yati)

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Pasangan Suami Istri (pasutri) H.T. Hamdan Mahyudin bersama istrinya Hj. Ari Wardaningrum SE. MBA., mewakafkan tanah kebunnya di Gampong Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan, kepada Yayasan Madrasah Ulumul Qur`an (MUQ) Aceh Selatan.

H.T. Hamdan Mahyudin (pewakif) berasal dari Tapaktuan yang sudah lama tinggal di Semarang, Jawa Tengah, mewakilkan adik kandungnya Usman yang tinggal di Tapaktuan untuk melakukan penandatanganan ikrar wakaf serta pembuatan akta ikrar wakaf untuk dua bidang tanah kebun seluas 10.790 M².

Penerima wakaf (nadzir) diwakili Ketua Yayasan MUQ Aceh Selatan, Kamarsyah S.Sos MM.  Penyerahan dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Tapaktuan di depan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) yang juga Kepala KUA, Donni S.Ag, Rabu (31/3/2021).

Bendahara Yayasan MUQ Aceh Selatan, Tgk. Abrar Muda, mengatakan, ada warga Tapaktuan diperantauan mewakafkan lahan kebunnya dan seluruh prosesinya turut disaksikan Keuchik Gampong Panton Luas, Pembina MUQ Khailida, S.Pd yang juga istri Bupati Aceh Selatan, Badan Wakaf Indonesia (BWI) Aceh Selatan, Direktur MUQ Aceh Selatan, serta pengurus lainnya.

“Dua bidang tanah kebun yang diwakafkan merupakan harta milik pewakaf yang dibuktikan melalui surat sertifikat tanah,” kata Abrar yang juga ketua MPO Pemuda Pancasila (PP) Aceh Selatan disela gotong royong sambut Ramadhan oleh PKK dan PP, Rabu petang di Bundaran Mesjid Istiqomah,Tapaktuan.

Menurutnya, tujuan utama pewakif adalah untuk pengembangan dan memajukan Pendidikan Islam yang nantinya akan dikelola dan dimanfaatkan oleh Madrasah Ulumul Qur`an (MUQ) Aceh Selatan.

“Karenanya, dalam waktu dekat ini, Pengurus MUQ akan meninjau tanah wakaf tersebut, kira kira bagaimana pemanfaatannya, yang jelas hasilnya digunakan untuk kebutuhan peningkatan dan pengembangan MUQ sebagaimana harapan pewakaf,” terang Tgk. Abrar seraya berujar bila administrasi akan mendaftarkan tanaf wakaf tersebut ke BPN sebagai assetnya MUQ.

Ditambahkannya, adanya perhatian dan kepedulian masyarakat lokal terhadap pengembangan pendidikan islam di Aceh Selatan, patut diberikan apresiasi. Apalagi pendidikan agama MUQ Tapaktuan ini, berkonsentrasi melahirkan hafiz dan hafizah. |herian|

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...