Breaking News

Pasca Gempa Tektonik, Pijay Normal Kembali

Pasca Gempa Tektonik, Pijay Normal Kembali

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Pasca Gempa tektonik mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh kini normal kembali. Warga setempat semakin tenang, setelah diinfokan tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi tektonik berkuatan magnitudo 5.0, terjadi Kamis (20/8/2020) sekira pukul 20.53 WIB. Masyarakat sempat panik dan sebagian yang sedang berada di warung kopi kocar kacir.

Hingga pukul 22.30 Wib, Kamis malam suasana normal kembali. Pantauan wartawan beritamerdeka.net tidak ada korban, baik kerusakan dan korban jiwa.

Pemegang otoritas daerah itu, baik dari jajaran TNI/Polri dan pihak BPBD serta sejumlah warga yang ditanya mengakui tidak info korban.

Sementara sebelumnya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter dengan magnitudo M=5.0 dengan episenter gempa terletak pada koordinat 4.86 LU dan 96.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km barat daya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 km.

“Hasil analisis menunjukkan gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault),” ungkapnya.

Djati menjelaskan, dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan Skala Intensitas III MMI, getaran dirasakan nyata oleh warga.

Gempa bumi itu juga dirasakan di wilayah Nagan Raya, Bener Meriah, dan Aceh Jaya.(*)

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...