Breaking News

Pasca Bentrok Antarkampung : Seekor Kerbau Jantan, Syarat Sepakat Damai

Pasca Bentrok Antarkampung : Seekor Kerbau Jantan, Syarat Sepakat Damai
Mewakili kedua kampung, ikut hadir ketika mediasi damai | foto herian syahputra

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net - Pemuda Desa Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan dan Pemuda Desa Mata Ie, Kecamatan Pasieraja Kabupaten Aceh Selatan yang bertikai, Rabu (27/05/2020) malam lalu, sepakat untuk berdamai. Dengan syarat satu ekor kerbau jantan.
 
Upaya perdamaian antar warga tersebut bertujuan agar pertikaian tidak berkesinambungan, sedangkan prosesnya dimediasi Sekda Aceh Selatan H.Nasjuddin,SH, MM didampingi Asisten I bidang pemerintahan Erwiandi. S.Sos. MSi, di ruang rapat Setdakab Aceh Selatan lantai II Kantor Bupati Aceh Selatan Jalan T. Ben Mahmud Tapaktuan, Kamis (4/6/2020).

Sekda dan Asisten ketika memimpin mediasi damai



Sementara yang hadir mewakili desa yang bertikai tersebut antara lain, para unsur muspika, Ketua MAA, Keuchik, perwakilan pemuda, dan tokoh masyarakat dari dua kecamatan.

Kedua belah pihak melalui juru bicara masing masing adalah Camat yang mana meminta sanksi adat yang dikenakan kepada desa yang bertikai.

Camat Pasie Raja Anakhi SP menyampaikan tuntutan sanksi adat yang dikenakan kepada warga Air Pinang yaitu  seekor kerbau jantan plus uang 10 juta rupiah dan 1 buah balai.

Sementara dari masyarakat Air Pinang yang disampaikan camat Tapaktuan Halim Bahri SE sangsi adat yang dikenakan kepada warga Desa Mata Ie Kec. Pasie Raja seekor kerbau dan uang 10 juta rupiah dan satu carana serta ganti rugi terhadap warung yang dijarah saat kejadian bentrok.

Pemerintah kabupaten Aceh Selatan melalui Sekda Nasjuddin menawarkan solusi dengan mengambil jalan tengah dan tidak berpihak. “ Mengingat tuntutan hampir sama maka, saya menawarkan pemerintah menyiapkan 1 (satu) ekor kerbau dan keperluan lainnya ditanggung bersama dan tuntutan dinolkan,” kata  Sekda Nasjuddin menawarkan. Kedua belah pihak menerima usulan tersebut.

Sehingga acara perdamaian akan dilaksanakan, Rabu (10/6/2020) mendatang dengan mengambil lokasi lapangan bola kaki Desa Uj. Batee Kecamatan Pasie Raja. | herian syahputra |
 

Sponsored:
Loading...
Loading...