Breaking News

Pasar Peunayong Dipagar, Pedagang Menuju Gemilang Lamdingin

Pasar Peunayong Dipagar, Pedagang Menuju Gemilang Lamdingin
Pasar Peunayong Dipagar

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Setelah selesai dan rampungnya pembangunan Pasar Baru di Kawasan Lamdingin, kini Pasar Tradisional yang terletak di Peunayong, sejak Senin 15 Juni 2020 resmi direlokasikan ke pasar baru yang diberi nama Pasar Rakyat dengan sebutan Pasar Gemilang Lamdingin, Kota banda Aceh

Relokasi para pedagang di Pasar Tradisional Peunayong dipindahkan tersebut dilakukan secara serentak, Senin 15 Juni 2020 hingga semuanya berlangsung  tertib. “Pindahnya para pedagang yang rata-ratanya berjualan ikan, daging, ayam, sayuran atau bahan/bumbu dapur itu kini membuah suasana di Peunayong dan sepanjang Jalan menjadi lengang dan terbebas dari kemacetan.

Pasar ikan baru Lamdingin

Kini semuanya telah direlokasikan ke Pasar baru Lamdingin yang berjarak sekira hampir 4 kilometer dari Peunayong atau dari Simpang Jambo Tape.

Relokasi ini dilakukan seiring sudah selesainya pembangunan Pasar Baru Lamdingin yang diberi nama “Pasar Samudra Kutaraja Gemilang (PSKG).”
Sebagai tahap awal dilakukan pemindahan pedagang di Pasar Peunayong dan kemudian diikuti para pedagang lainnya yang selama ini berjualan di Pasar Kartini.

“Hasil pantauan yang dilakukan BERITAMERDEKA.net di Pasar Baru Lamdingin, Senin 15 Juni 2020, sejumlah pedagang mengaku merasa senang, karena pusat pasar Peunayong sudah terlalu kumuh dan berdesak-desakan, “ujarnya.

Pasar Kartini Peunayong juga akan segera direlokasi

Sebagai pertimbangan relokasi para pedagang dilakukan merupakan keputusan bersama mengingat faktor lokasi Pasar Peunayong yang dijadikan tempat lapak pedagang sangat tidak layak lagi untuk dipertahankan atau dihuni sebagai tempat jualan. 

Hasil kesepakatan bersama antara, Pemerintah Kota Banda Aceh dan para pedagang, termasuk Satpol PP dan WH serta instansi terkait lainnya, agar pedagang dapat segera dipindahkan, “katanya.

Karenanya, dalam pelaksanaan relokasi tersebut turut melibatkan pihak Satpol PP dan WH dan akan menyelesaikan tahap pemindahan para pedagang pasar ikan, pasar daging, sayur secara tertib sesuai lapak masing-masing.

Bangunan Pasar Baru Lamdingin

Kecuali itu, katanya, relokasi juga akan dilakukan untuk para pedagang kaki lima yang menjual berbagai kebutuhan dapur di Jalan Kartini.

Pantauan BERITAMERDEKA.net, mulai Senin 15 Juni 2020 Pemko Banda Aceh menutup total Pasar Peunayong, semua Pedagangnya direlokasi ke Lamdingin. Hasil keputusan relokasi pedagang di Pasar Peunayong diambil dalam suatu rapat koordinasi antar dinas terkait, yang dipimpin langsung Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman.

Hasil keputusan rapat koordinasi tersebut, semua pedagang di Pasar Peunayong tanpa kecuali semuanya direlokasi ke Pasar Baru Lamdingin.

Peunayong Sepi

Alokasi kios dan lapak di pasar baru akan diprioritaskan bagi pedagang lama di Peunayong.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Koperasi UKM dan Perdagangan M Nurdin mengatakan, para pedagang yang direlokasi yakni yang selama ini menempati pasar ikan, daging, sayur dan bumbu di Peunayong.

Disebutkan, ke-282 pedagang tersebut dipindahkan ke pasar terpadu dan representatif di Lamdingin. "Kompleks pasar baru memiliki enam bangunan utama yang diperuntukkan sebagai pasar ikan, unggas, daging, sayur, dan bumbu, serta dilengkai dengan rumah ibadah dan musalla," katanya.

Pasar yang dirintis sejak 2016 di atas lahan seluas dua hektar tersebut, memiliki 91 kios dan 452 lapak jualan. Dengan peruntukannya kita dahulukan pedagang lama di Pasar Peunayong, sisanya akan kita buka pendaftaran secara online dan diutamakan lagi bagi warga Banda Aceh," kata Nurdin.| rusli ismail |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...