Breaking News

Bank Aceh

Mulai Juni Acara Akad Nikah Sudah Bisa di Masjid Lagi

Mulai Juni Acara Akad Nikah Sudah Bisa di Masjid Lagi
Prosesi akad nikah di Masjid Al Makmur Lampriek Banda Aceh | foto rusli ismail

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net – Setelah sekian lama pelaksanaan akad nikah di masjid dilarang karena kondisi wabah virus corona.

Mulai Senin 01 Juni 2020 kembali diperbolehkan akad nikah di masjid-masjid yang sejak lama sudah ngetrend di Provinsi Aceh.

Selama larangan pelaksanaan akad nikah di masjid-masjid dilarang atau di masa darurat Covid-19, maka pelaksanaan dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan, dengan ketentuan yang ketat harus mengikuti semua aturan protokol kesehatan.

Aturan itu, misalnya kepada calon pengantin dan rombongan atau tetamu yang datang diharuskan menjaga jarak, dan menggunakan masker serta yang hadir tidak boleh lebih dari 10 orang. 

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat Kanwil Kemenang Aceh, Drs H Hamdani MA menjelaskan, selama larangan akad nikah di masjid-masjid atau rumah ibadah karena masa Covid-19, maka sedikitnya selama April – Mei 2020 ada 2.303 pasangan pengantin di Aceh yang melakukan proses akad nikahnya di KUA setempat.

Disebutkan Hamdani, pada bulan April, ada 2.164 pendaftaran nikah di Aceh dan seluruhnya melaksanakan akad nikah di bulan yang sama.

Kemudian, pada bulan Mei tercatat 900 pasangan mendaftar nikah di KUA dan hanya 139 calon pengantin yang melaksanakan akad nikah di bulan tersebut.

Namun Hamdani menjelaskan, untuk saat ini telah dobolehkan melaksanakan akad nikah di masjid. Dengan syarat, tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti tamu yang hadir hanya 30 orang, memastikan semua yang hadir dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19 dan pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin.

Kebijakan memperboleh kembali melangsungkan akad nikah di rumah ibadah itu, setelah terbitnya Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Paduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di masa Pandemi.

“Namun untuk tata cara pelaksanaan lebih rinci, kita masih menunggu SE dari Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, “kata Hamdani.

Pantauan BERITAMERDEKA.net, Senin 01 Juni 2020 setidaknya ada tiga pasangan pengantin yang melangsungkan akad nikah di Masjid Agung Al-Makmur atau lebih dikenal orang Masjid Oman, di Lampriek.

Sehingga suasana setengah hari kemarin di Masjid Oman itu dipenuhi para tamu dari calon pengantin, sejak mulai pukul 08:00 hingga pukul 12:00 Wib. Amatan BERITAMERDEKA.net proses pelaksanaan akad nikah di masjid itu kemarin berlangsung aman dan lancar.

Meskipun harus diakui, tidak semua yang hadir itu mematuhi aturan protokol kesehatan sebagaimana dianjurkan pihak panitia penyelenggara akad nikah.

Buktinya, masih ada diantara tetamu yang hadir itu tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak minimal 1 meter.| rusli ismail |.

Sponsored:
Loading...