Breaking News

Muhammad Fadli, Berjuang Membuktikan Diri Meski Minim Biaya

Muhammad Fadli, Berjuang Membuktikan Diri Meski Minim Biaya
Muhammad Fadli, berjuang meraih impian. (Foto Haiqal)

Muhammad Fadli atau yang kerap disapa Fadli merupakan pemuda asal Gampong Alue Ie Mirah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Lahir pada tanggal 10 Juni 1998.

Lahir dari keluarga yang sederhana dari pelosok desa, bahkan membuat pemuda satu ini memiliki kepribadian yang luar biasa, pasalnya di tengah keterbatasan biaya pascaditinggal orang tuanya menghadap Sang Ilahi---Fadli tetap mampu berjuang melanjutkan pendidikannya.

Kisah ini, bermula saat Fadli duduk di Sekolah Dasar (SD). Fadli pertama kali menerima musibah dalam hidup nya, ketika kelas 6 SD, dimana kedua orang tuanya memilih untuk bercerai, sehingga kejadian itu membuat Fadli kehilangan arah hidup, meskipun sebelum nya setiap ujian naik kelas ia mendapatkan rangking 1 dan 2, namun setelah kejadian itu, ia terpuruk dan sempat terjerumus ke dalam lingkungan pergaulan yang tidak baik.

Saat Fadli duduk di Bangku SMA, cobaan lain lagi menimpanya. Ia kehilangan sosok Ayah yang menjadi tumpuan semangat hidupnya. Di depan jasad Ayahnya, Fadli berjanji. "Aku janji Yah, aku akan menjadi lebih baik lagi, aku akan menjadi orang yang berguna untuk sekeliling ku".

Fadli sebagai anak sulung mau tidak mau mengambil peran Ayah untuk adik-adiknya. Sekolahnya tetap lanjut sambil membantu pamannya bersawah dan berkebun.

Tahun 2016, tamat SMA.  Dilema antara ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan minim bahkan ketiadaan biaya. Namun dukungan semua pihak, menyemangatinya dan ia pun lulus di Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe. Dan pastinya menjadi perantau lah Fadli, kala itu.

Selama perkuliahan, kehidupan Fadli semakin membaik, karena dukungan dari keluarga dan teman-teman dekatnya, ia juga sempat tinggal di Pesantren Darul Mu'arif Al-Aziziyyah sebelum memilih untuk tinggal di rumah sewa dekat dengan kampusnya.

Singkat cerita. Di semester 3 Fadli menjuarai kompetisi debat tingkat Universitas Malikussaleh yang diadakan oleh Jurusan FISIP, kemudian di semester 4 menjadi juara 3 debat konstitusi kampus seluruh Aceh yang di adakan Majelis Perwakilan Rakyat (MPR). Di semester 5 Fadli menjuarai Debat Ilmiah Kebahasaan Kampus se Aceh yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh tahun 2018. Di tahun yang sama atas pengabdian nya, Fadli dianugerahi sebagai Runner-up Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.

Selain prestasi akademik, Fadli juga dipercayai menjadi Ketua Forum Kajian dan Penulisan Hukum (FKPH), Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unimal, Koordinator Lembaga Eksekutif Mahasiswa Hukum Indonesia (Lemhi) Wilayah Aceh, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum Unimal.

Selain itu, Fadli juga aktif mengadvokasi kasus-kasus ketimpangan sosial di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Salah satu yang fenomenal, ketika Ia dan kawan-kawannya membantu advokasi kasus Mursyidah, seorang janda dengan tanggungan 3 orang anak, dituduh merusak fasilitas pribadi orang lain, karena keberaniannya membongkar penimbunan gas di Kota Lhokseumawe.

Dampingan Fadli dan teman-temannya, akhirnya Mursyidah tidak jadi mendekam di jeruji besi, ia hanya di vonis hukuman percobaan oleh Pengadilan Negeri Lhokseumawe, ketika itu. Membantu sesama, pembuktiannya kepada almarhum Ayahnya bahwa ia berguna bagi sekelilingnya.

Kini, Fadli sedang dalam proses menyelesaikan skripsinya untuk mendapatkan gelar sarjana hukum. Doa dan harapan dari semua nya serta semangat pantang menyerah, membuat Fadli bisa berdiri seperti sekarang ini. Bagi Fadli, asal ada kemauan pasti ada jalan, sehingga anak dari pelosok desa sepertinya bisa meraih impian.

“Tidak semua orang bisa menjadi sukses, tapi orang sukses bisa berasal darimana saja (Ratatouille). “ kalimat bijak ini, sekarang menjadi pemicu semangatnya.

Cerita ini di tulis oleh Haiqal Al-fikri, sahabat Muhammad Fadli, saksi hidup atas perjuangan kehidupan Fadli selama ini.

Editor:
Sponsored:
Loading...