Breaking News

Bank Aceh

Menjelang Lebaran, Omzet Meubel Meningkat

Menjelang Lebaran, Omzet Meubel Meningkat

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Pedagang perabot mulai menggairah karena omzet penjualan menjelang Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah ini mengalami peningkatan seiring bertambah daya beli masyarakat untuk memenuhi kebutuhan alat (perabot) rumah tangga memasuki Idul Fitri itu.

Hal itu sebagaimana diakui sejumlah pedagang perabotan rumah tangga yang sempat ditanyai BERITAMEREDAKA.net, Kamis 21 Mei 2020. Mereka menyebutkan, sejak pertengahan Ramadhan, mereka sudah kebanjiran pesanan dan penawaran alat perabotan rumah tangga, seperti sofa, kursi tamu dan bahkan tempat tidur sekalipun.

Tampak, sudah menjadi tradisi bagi sebagian warga terutama kalangan keluarga mampu, untuk menggantikan perabotan rumah tanga yang baru saat menghadapi Lebaran Idul Fitri atau Idul Adha, kata seorang pedagang bernama Razali.

Hal sama diakui Ramli, pengusaha yang memproduksi berbagai jenis meubel menjelaskan, Jumat 22 Mei 2020, pihaknya juga mengalami peningkatan produksi seiring naiknya pembelian masyarakat di toko-toko perabot di kota-kota.

Menurut Ramli, pada Lebaran tahun ini ternyata bulan meningkatnya penjualan perabotan rumah tangga seperti sofa, kursi dan tempat tidur. Karena bukan umat Islam saja yang membutuhkan alat-alat rumah tangga yang baru tetapi umat lainnya juga.

“Pokoknya masyarakat membutuhkan perabotan yang serba baru untuk menyambut Idul Fitri 1441 H, “kata Ramli.

Ramli yang memproduksi meubel bermerek terkenal LIPIN ini mengakui omzet terbesar terjadi pada Hari Raya Idul Fitri.

“Pada saat ini Hari Raya Idul Fitri itu bukan pedagang jenis meubel saja yang mendapat keberuntungannya, namun hampir seluruh perdagangan, “kata dia.

Pengusaha meubel merek LIPIN yang sukses berdasarkan pengalaman ini mengakui omzet penjualannya hampir setiap bulannya selalu stabil karena produk yang dihasilkannya merupakan produk yang berkualitas baik sehingga mendapat tempat di pasar.

“Kiat agar produksi selalu laku, produksinya harus berkualitas, sehingga pasarnya tidak jenuh dan tidak akan disaingi oleh produk sejenis, “ tambahnya.

Produk-produk dari LIPIN menurutnya merupakan produk berkualitas, mulai dari bahan bakunya hingga mode yang setiap tahunnya terus mengalami perubahan.

Produk meubel unggulannya diantaranya kursiu motif Kerang yang hingga saat ini laku keras di pasaran.

Seiring menghadapi pasar bebas Asean (MEA) ini, Ketua UKM Aceh ini menyarankan agar pengusaha sudah saatnya meningkatkan mutu produksinya agar dapat bertahan hidup karena persaingan akan semakin deras dengan bebas masuknya produk-produk impor.

Sementara itu pengusaha perabot di Kota Banda Aceh, M Yusuf juga mengakui kalau penjualannya pada bulan ini mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

“Lumayanlah bulan ini sudah dapat keuntungan, berbeda dengan bulan sebelumnya malah mengalami kerugian karena omzet penjualan yang sangat minim. | rusli ismail |

Sponsored:
Loading...