Breaking News

Menilisik Praktek Rentenir Berkedok Julo Julo

Menilisik Praktek Rentenir Berkedok Julo Julo

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Lilik, (65) Warga Gampong Geudubang Aceh Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa mengisahkan kepada BERITAMERDEKA.net pada Sabtu 2020.

Pekerja keras itu saban sore hari menyetor uang sebesar Rp. 30.000 kepada salah seorang rentenir. Ia terpaksa minta pinjaman untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Pasalnya, Lilik hanya seorang penjaja air bersih yang diangkut dengan becak motor dengan penghasilan pas Pasan.

"Apa mau bilang lagi, Ini terpaksa saya lakukan, untuk modal kerja dan kebutuhan rumah," pungkas Lilik mengakui.

Menurut Lilik, bukan hanya ia yang menjadi nasabah. Banyak pedagang pinggiran menjadi nasabah tetap para rentenir.

Kata Lilik lagi, pedangan itu diantaranya penjual nasi pagi di depan warkop berbagai tempat. Pedagang jajanan anak yang mengunakan sepeda motor.

"Coba aja tanya atau ditelusuri, pasti terbukti apa yang saya katakan," jelas Lilik meyakinkan.

keterangan Lilik tersebut menjadi salah satu bukti banyaknya masyarakat yang menjadi nasabah para rentenir. Diakui atau tidak, rentenir itu menyasar kepada para warga yang memiliki usaha kecil namun pasti yang setiap harinya mampu membayar setoran sesuai perjanjian.

Sumber lainnya, Ismail Warga Gampong Geudubang Jawa Kecamatan Langsa Baro kota Langsa mengatakan, praktek rentenir sangat liar menyasar ke masyarakat kecil yang memiliki usaha seadanya.

"Entah kenapa ketika berhadapan dengan para rentenir, nasabah jadi takut, mungkin karena masyarakat kecil (wong cilik), istilahnya,"ungkap Ismail yang juga tokoh masyarakat Geudubang itu.

Ismail melanjutkan tuturnya, banyaknya nasabah tersebut sebagai bukti pahitnya ekonomi ditingkat masyarakat kelas bawah yang berimbas kepada gejolak ekonomi sosial.

"Warga yang masuk Kristen itu bukti dari kesengajaan ekonomi warga miskin," jelas Ismail.

Mirisnya, ketika nasabah tidak mampu membayar karena dagangan tidak laku atau karena hal lainnya, maka rentenir mengambil barang barang rumah tangga nasabah sesuai nilai tunggakan.

Meski demikian resiko yang diterima para nasabah, namun nasabah para rentenir berkedok Juli Julo makin hari kian bertambah.

Bukan rahasia lagi, kalau rentenir itu beroperasi di wilayah Langsa secara sporadis. Nasabah kian bertambah karena ambil uang dengan mudah, namun kalau nunggak nasabah dibuat susah.| syafrul|

Sponsored:
Loading...
Loading...