Breaking News

Dinilai Tak Cerminkan Adat Aceh

MAA Aceh Besar Sarankan Ganti Tugu Kota Jantho

MAA Aceh Besar Sarankan Ganti Tugu Kota Jantho

Jantho, BERITAMERDEKA.net - Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Besar,  sarankan kepada pengambil kebijakan di Aceh Besar, untuk mengganti atau merenovasi kembali tugu masuk Kota Jantho, karena dinilai tidak mencerminkan nilai - nilai adat dan syariat masyarakat Aceh Besar.

Rekomendasi ini merupakan salah satu dari sembilan rekomendasi MAA Aceh Besar, tentang pengintegrasian seni arsitektur dan ragam ornamen khas Aceh yang disepakati dalam kegiatan Meudrah Adat MAA Aceh Besar, Jum'at kemarin di Lambaro, Aceh Besar.

Ketua MAA Aceh Besar, Asnawi Zainun, SH,    kepada media ini, Sabtu (20/02/2021), menjelaskan MAA dalam kapasitasnya sebagai lembaga pembina kehidupan adat-istiadat,  berdasarkan ketentuan Pasal 3  Qanun Aceh Besar Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Besar, berwenang dan bertanggungjawab menyampaikan saran dan pendapat kepada Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar dalam kaitannya dengan penyelenggaraan kehidupan adat/adat istiadat, baik diminta maupun tidak diminta.

"Sebenarnya dalam menjalankan fungsinya, MAA Kabupaten Aceh Besar, dapat menyusun risalah - risalah adat untuk menjadi pedoman tentang adat dan adat istiadat Aceh. Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 5 angka 7," lanjutnya.

Makanya, Pengurus MAA Kabupaten Aceh Besar, memandang penting untuk menyampaikan risalah adat tentang pengintegrasian seni arsitektur dan ornamen khas Aceh pada bangunan publik di Kabupaten Aceh Besar. "Ada sembilan risalah yang kami buat dan nantinya akan disampaikan kepada eksekutif dan legislatif juga instansi terkait," tukasnya. |  Adi  |

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...