Breaking News

LHP BPK Temukan Rp.12 M di APBK Aceh Singkil

LHP BPK Temukan Rp.12 M di APBK Aceh Singkil
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid menjawab pertanyaan wartawan, usai rapat tindaklanjut temuan LHP dengan BPK RI Perwakilan Aceh, Jumat (19/02/2021).|Sahab|

Singkil.BERITAMERDEKA.net - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Aceh, mendapatkan temuan sebesar Rp.12 miliar, yang tidak sesuai dengan kondisi yang menjadi temuan. Lalu, Jumat (19/02/2021), tim BPK menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) ke Bupati Aceh Singkil, untuk ditindaklanjuti.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, membenarkan LHP BPK yang tidak sesuai senilai belasan miliar rupiah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2020.

"Tadi ada disebutkan Rp.12 miliar temuannya, cuman, belum diketahui di dinas mana saja, kita belum tahu," kata Dulmusrid dikantornya usai rapat tindaklanjut temuan LHP dengan BPK-RI Perwakilan Aceh.

Ditambahkannya, BPK memberikan predikat 61 persen atas tindaklanjut temuan LHP dan menempatkan Aceh Singkil pada urutan ke-17 sebagai kabupaten yang telah menindaklanjuti temuan LHP BPK.

Ia mengakui belum mengetahui secara pasti  angka Rp.12 miliar di instansi mana saja. Dan, Ia pun, menindaklanjuti LHP BPK dengan  melakukan inventarisir SKPK mana saja yang memiliki temuan LHP, dimana temuan LHP BPK terbagi atas temuan administrasi dan kerugian negara.

"Kalau yang kerugian negara, akan segera dikembalikan, dan saya meminta instansi tersebut, untuk mengembalikannya," ungkapnya.

Menurut laporan LHP BPK, ujar Dulmusrid, dari sebagian temuan itu, ternyata orangnya ada yang telah meninggal dunia. Dan sesuai ketentuan, hal ini, dapat dihapus atau mendapat amnesti piutangnya, karena yang bersangkutan meninggal dunia.

Sementara itu, terangnya, untuk temuan administrasi, itu menyangkut laporan yang tidak bisa dientri oleh SKPK dikarenakan jaringan internet yang terganggu.

Terakhir, BPK memberikan tenggat waktu selama empat bulan kepada Pemda. Aceh Singkil untuk menindaklanjuti  temuan LHP tersebut, katanya lagi. |Sahab|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...