Breaking News

Lepenkapi Bireuen Melatih Guru SD dan PAUD

Lepenkapi Bireuen Melatih Guru SD dan PAUD

Bireuen, BERITAMERDEKA.net - Lembaga Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara Indonesia (LEPENKAPI) Bireuen, menggelar pelatihan  guru atau pimpinan Sekolah Dasar dan PAUD dalam Kabupaten Bireuen.

Pelatihan dalam kegiatan Program Organisasi Penggerak (POP), ini dibuka Bupati Bireuen Dr, H. Muzakkar A. Gani, SH. M.Si., di Aula SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, Kamis (14/10/2021) sore.

Prosesi kegiatan ditandai dengan penyerahan secara simbolis tablet sebagai alat pelatihan kepada Pimpinan Sekolah Dasar dan Alat Permainan Edukatif (APE) kepada guru PAUD sebagai alat pelatihan.

Dalam arahannya, Bupati Muzakkar mengharapkan, pelatihan ini menjadi terobosan bagi Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar dalam konteks memperbaiki manajemen tata kelola pembelajaran dengan pola-pola terkini dan terbaru yang diterapkan Kemendiknas yang digagas dengan sistem merdeka belajar (Literasi).

Sebelumnya, Pembina Lepenkapi Dr.  Cut Khairani, M.Si., melaporkan peserta dari sekolah dasar berjumlah 70 orang, terdiri guru enam orang dan Kepala Sekolah 10 orang, yang melibatkan 10 Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Bireuen.

Pelatihan untuk guru atau pimpinan Sekolah Dasar bertemakan Keahlian profesional, untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui Problem Solving Berbasis Open Ended.

Kegiatan ini akan dilakukan secara Blended Learning (campuran) Daring (online) dan Luring (tatap muka) selama satu bulan Daring dilakukan melalui learning Manajemen Sistem (LMS).

Pelaksanaan kegiatan akan dilakukan setiap hari mulai pukul 14.00 - 17.00 WIB untuk alat penunjang pelaksanaan kegiatan secara daring akan diberikan kepada peserta berupa tablet, sekaligus untuk meningkatkan Literasi Digital bagi guru.

Kemudian, jumlah peserta dari PAUD/TK sebanyak 50 orang, terdiri dari Kepala Sekolah 10 orang, guru 40 orang, masing-masing PAUD/TK terdiri empat orang guru sebagai peserta dari 10 PAUD/TK yang ada di Kabupaten Bireuen.

Hadir dalam kegiatan itu, antara lain, Rektor Universitas Almuslim Peusangan, Dr. Marwan Hamid, MPd., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muhammad Al Muttaqim, S.Pd.,M.Pd., Kabid Pembinaan PAUD Disdikbud Bireuen, Abdullah, S.Pd. |Umar A Pandrah|

Editor:
Sponsored:
Loading...