Breaking News

Bank Aceh

Kurangi Ketergantungan, Petani Cabe Simeulue Minta Perhatian Pemerintah

Kurangi Ketergantungan, Petani Cabe Simeulue Minta Perhatian Pemerintah

Simeulue, BERITAMERDEKA.net- Untuk mengurangi ketergantungan masyarakat di Kabupaten Simeulue terhadap kebutuhan cabai, sejumlah petani pulaun itu, mulai menggeliat melakukan penanaman cabai di berbagai wilayah.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi krisis kebutuhan pangan disebabkan wilayah Simeulue yang berada di tengah Samudera Hindia kerap mengalami kendala pasokan cabai dari daratan Sumatera.

Seperti petani cabai di Desa Lafakha, Kecamatan Alafan dan Desa Lamayang Kecamatn Simeulue Tengah, sejak beberapa bulan terakhir kembali menghidupkan usaha budidaya cabai untuk kebutuhan masyarakat Simeulue.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Simeulue, Samsuar, SP mengatakan meskipun saat ini petani cabai membuka usaha budidaya perkebunan cabai dengan menggunakan modal pribadi namun pihaknya memberikan pendampingan dari dinas serta unsur Babinsa untuk petani, Selasa 09 Juni 2020.

Ia justru memberikan apresiasi kepada petani cabai yang telah tekun membudidayakan usaha perkebunan cabai yang memilki potensi pasar di masyarakat.

Sementara itu salah seorang petani cabai, Ismail mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah untuk membantu mengembangkan sektor usaha budidaya cabai, sehingga menjadi usaha yang dapat membantu perekonomian dan dapat mengurangi ketergantungan cabai dari luar Simeulue yang telah berlangsung lama. | al ashab |

Sponsored:
Loading...