Breaking News

Kuliner Khas Aceh Gule Pliek Masuk Pasar Bisnis

Kuliner Khas Aceh Gule Pliek Masuk Pasar Bisnis

Medan, BERITAMERDEKA.net -Barangkali tak ada yang tak pernah mencicipi masakan atau kuliner khas Padang. Kuliner rendang asal Sumatera Barat ini sudah terkenal di berbagai pelosok nusantara.

Tak hanya itu dalam perjalanan waktu, kuliner khas Aceh juga semakin digemari masyarakat disamping kuliner daerah lainnya. Lihat saja di berbagai Rumah Makan Aceh terdapat kuliner khas daerah Tanah Rencong ini.

Seperti gule pliek (sayur Aceh), keumah, dan masakan lainnya yang sudah masuk pasar bisnis. Gule pliek kegemaran warga Aceh. Itu sebabnya setiap ada rumah makan Aceh pasti tersedia gule pliek yakni campuran aneka sayur dibumbui patarana.

Siapa yang mau coba mencicipinya datang saja ke rumah makan/restoran Aceh pasti tersedia. Biasanya cepat laris. Itu sebabnya kalau ingin menyantap mampir lebih awal sebelum waktu makan siang.

Beberapa tahun lalu gule pliek sudah masuk ke ranah bisnis kuliner. Seperti halnya masakan khas Aceh lainnya kari kambing dan sop sum-sum Langsa.yang sudah.lebih duluan popular di ajang bisnis kuliner.

Tak heran kari kambing, sate Matang dan mi Aceh sudah tersohor di mana mana. Tak cuma bagi orang Aceh, warga lainnya juga sudah sering mencicipinya di berbagai kota.

Ketika penulis mampir di salah rumah makan.khas Aceh " Citra Devanti Sadita" di Jalan Gaperta Ujung Kecamatan Medan Helvetia" lansung disajikan menu gule pliek. Wah, dengan aroma khasnya selera makan pun semakin menggebu.

Pemilik rumah makan khas Aceh ini Sudirman. Warga kota Lhokseumawe ini baru sekitar 2 bulan membuka rumah makan ini.Lelaki kelahiran Aceh 1970 mengaku sebelumnya membuka bisnis serupa di Lhokseumawe.

Setelah melihat perkembangan bisnis kuliner di kota Medan agak maju, ayah tiga anak ini akhirnya bertekad pindah ke Medan.Sudirman bersama isteri dan anaknya memulai bisnis makanan khas Aceh secara sederhana.

"Alhamdulillah, nampaknya bisa bertahan bang di kota Medan. Karena masakan khas Aceh mendapat respons masyarakat di sini. Sebab, yang kita suguhkan bukan hanya masakan khas Aceh. Tapi juga masakan khas nusantara," tutur Sudirman.

Sudirman yang pernah bekerja bagian keuangan Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan jurnalis ini kinj bertekad terjun ke dunia bisnis kuliner.

Dia mengaku bisnis kuliner ini lebih kuat dorongan dari isteri dan anak perempuannya yang senang memasak.Maka tak pelak, modal pun tersedia akhirnya siap memberi pelayanan kepada pelanggannya.

"Namun, syukurlah dengan pengalaman sedikit demi sedikit di sektor bisnis kuliner kita berupaya memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan.Sebab tanpa pelayanan kita akan ketinggalan jauh," ucap Sudirman yang diamini temannya HM Anshar, SEI, ME.(Bachtiar A)

Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...