Breaking News

KKB Serang Tentara Penjaga  Desa, 11 Prajurit Tewas

KKB Serang Tentara Penjaga  Desa, 11 Prajurit TewasFoto Reuters

BERITAMERDEKA.net - Serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi di Niger. Mereka menyerang tentara yang menjaga sebuah perkampungan di daerah terpencil dekat perbatasan dengan Mali hingga menewaskan 11 prajurit.

Peristiwa ini terjadi pada Kamis (4/11/2021) atau 2 hari setelah KKB menyerang rombongan pejabat yang sedang melakukan kunjungan kerja masih di wilayah yang sama, menewaskan 69 orang termasuk wali kota.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (6/11/2021), Kementerian Pertahanan Niger menyatakan, para pelaku yang tak teridentifikasi, mendatangi Desa Agne pada sore hari menggunakan mobil dan sepeda motor. Baku tembak di luar desa pun terjadi.

Para pelaku berhasil dihalau meskipun tetapi 11 tentara tewas dan sembilan lainnya hilang.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun kelompok militan yang berafiliasi dengan ISIS lokal sering bentrok dengan pasukan keamanan di wilayah tersebut. Pemerintah masih berupaya merebut kendali penuh di wilayah itu.

KKB meningkatkan serangan di zona gersang dan miskin di Afrika Barat, meliputi perbatasan Niger, Mali, dan Burkina Faso dalam beberapa tahun terakhir. Ribuan warga sipil tewas dan jutaan lainnya mengungsi akibat kekerasan dengan berbagai macam motif, dari mulai murni kriminal hingga kelompok militan.(*)

Sumber:Inews
Sponsored:
Loading...