Breaking News

Bank Aceh

KIP Aceh Timur Sangat Bernafsu Usulkan PAW, Muslim A Gani; Ada Apa?

KIP Aceh Timur Sangat Bernafsu Usulkan PAW, Muslim A Gani; Ada Apa?

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Pasca pemanggilan ketua dan anggota KIP Aceh Timur oleh Bawaslu Aceh Timur tanggal 22 Juni 2020 terkait klarifikasi Pergantian Antar Waktu salah seorang anggota DPRK Aceh Timur Syahrul AG.

Bawaslu Aceh Timur juga memanggil tim Advokat dari Syahrul AG pada Senin 29 juni 2020, namun pemangilan tersebut hanya satu orang advokat dari empat orang yang seharusnya diminta keterangan oleh Bawaslu.

Muslim A Gani salah seorang yang menghadiri undangan pemanggilan Bawaslu Aceh Timur, kepada BERITAMERDEKA.net Selasa 30 Juni 2020 mengatakan, Bawaslu Aceh Timur telah keliru dan tidak profesional, seharusnya ke empat advokat tersebut harus diminta keterangannya.

"Karena hal ini semua atas laporan dari advokat bukan atas nama pribadi saya, kenapa cuma saya yang diundang untuk diminta keterangan," Tukas Muslim.

Dikatakan lagi, kuasa hukum tersebut selain dirinya yaitu Dian Yuliani, Misra Purnama Wati dan M.Ikbal.

Menurutnya, terkait pemalsuan dokumen dimana perbuatan tersebut mengandung unsur pidana serta bertentangan dengan PKPU no 6 thn 2017 yg dirubah ke PKPI no 6 thn 2019 tentang Pergantian Antar Waktu.

Persolan ini, kami minta klarifikasi yang dilakukan Bawaslu Aceh Timur harus dilakukan dengan seimbang dan tidak terpengaruh intervensi dari lembaga lain.

Dikatakan lebih rinci, tim kuasa hukum dalam melaporkan perkara ini bertindak sesuai dengan UU no 18 Tahun 2003 tentang advokat dimana secara tegas telah diatur dalam pasal 17 terkait dengan perolehan informasi untuk kepentingan klien kami, jadi kasus dokumen yg dipalsukan oleh KIP ini kami anggap Bawaslu Aceh Timur dan Bawaslu Profinsi Aceh mempunyai kewenangan untuk menindak lanjuti.

"Karena tugas pengawasan ada sepenuhnya ada pada Bawaslu sejauh mana pengawasan dilakukan terhadap kasus ini," kata Muslim lagi.

Perbuatan ini menjadi ranah etik dari pada KIP dan Bawaslu, dimana mengeluarkan satu surat kepada ketua DPRK Aceh Timur Nomor 213/Py.04/03/1103/KIP-KAP/V/2020, tanggal 28 Mei 2020 prihal tindak lanjut surat DPRK Aceh Timur.

Kata Muslim lagi, anehnya, pada tanggal 8 Juni 2020 ketua KIP Aceh Timur Zainal, mengirimkan surat PAW kepada Ketua DPRK Aceh Timur yang ditandatangani berita acara sendiri, ini terbukti dengan berita acara nomor 14/PK.01-BA/03/1103/KIP/KAB/V/2020, tentang rapat pleno terkait calon PAW partai PKS dibuktikan dengan agenda hari Rabu 10 juni 2020 dengan surat pengantar Nomor 227/PY 04/03/1103/KIP-KAB/V/2020. Prihal PAW Anggota DPRK dari PKS.

"Kenapa hal ini di biarkan oleh Bawaslu Aceh Timur, ada apa pembiaran dari Bawaslu dan kami melihat KIP sangat reaktif melakukan PAW dari partai bersangkutan PKS sendiri, insyaallah akan melaporkan hal ini ke DKPP segera mungkin," ungkap Muslim.| syafrul |

Sponsored:
Loading...