Breaking News

Ketua KIP : Pilkada Aceh Bisa DilaksanakanĀ  Tahun 2022

Ketua KIP : Pilkada Aceh Bisa Dilaksanakan  Tahun 2022

Banda Aceh,BERITAMERDEKA.net - Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri memberi pandangan bahwa dapat diketahui Aceh sebagai provinsi yang memiliki kekhususan seperti yang tertuang dalam UUD pasal 18 B ayat 1 dan kaitannya dengan pelaksanaan pilkada.

"Seharusnya Aceh bisa melaksanakan pilkada pada tahun 2022, "kata Samsul Bahri, pada Seminar Nasional FISIP Unsyiah, Kamis (10/12/2020) via zoom meeting.

“Menurut kami sebagai penyelengara di Aceh, pilkada Aceh itu harus dilaksanakan pada tahun 2022 di 20 kabupaten dan 1 provinsi minus 3 kabupaten. Karena ini sebuah marwah bagi masyarakat Aceh, "lanjutnya.

Samsul bahri juga menambahkan pandangannya terkait adanya surat balasan dari kemendagri atas pelaksanaan pilkada di Aceh pada tahun 2022 bisa dilaksanakan namun atas koordinasi antara pemerintah Aceh dan DPRA.

Sementara itu dari beberapa poin diskusi di dapatkan bahwa adanya dampak pelaksanaan pilkada Aceh tahun 2022 atau 2024 bahwa jika dilaksanakan pilkada pada tahun 2024 takut adanya kekosongan jabatan dan konflik di Aceh.

Selain itu akan adanya permasalahan dalam APBA yang berlangsung 2 kali selama 2 tahun sebelum 2024.

Dan jika dilaksanakan di tahun 2022 bisa kita peroleh pemimpin yang memiliki legitimasi dan pemimpin terbaik yang dipilih oleh rakyat sehingga bisa meredam konflik sosial di dalam masyarakat Aceh.

Menurut pandangan Azhar Abdurrahman selaku anggota komisi A DPRA atas pilkada Aceh bahwa kegiatan pilkada di Aceh diharapkan bisa terlaksana pada tahun 2022.

Karena menurutnya ini merupakan siklus yang keempat dari kegiatan pemilihan pemerintah Aceh sejak tahun 2006 silam.

Azhar Abdurrahman juga menambahkan bahwa perlu adanya komunikasi politik antara DPR RI, KPU, dan Kemendagri.

“DPR Aceh memandang bahwa perlu membangun komunikasi politik untuk menjelaskan bahwa proses pengawalan penyelenggaraan dari MoU Helsinki butuh pemimpin yang legitimasi bangi masyarakat Aceh yang berlangsung secara demokratis, "pungkasnya. | c-adi |

Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...