Breaking News

Kemenag Aceh Tengah Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1442 H

Kemenag Aceh Tengah Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1442 H

Takengon, BERITAMERDEKA.net - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, menetapkan besaran konversi Zakat Fitrah Ramadhan Tahun 1442 H/2021 M. Besarannya mulai dari 3,1 liter atau 1,5 bambu + ditambah satu genggam atau 2,8 Kg/jiwa.

Jika dikeluarkan dengan uang maka disesuaikan dengan harga beras yang di konsumsi dengan tiga kategori yaitu beras kelas I, senilai Rp 36.000 perjiwa, sedangkan untuk jenis beras kelas II Rp 31.000/jiwa, dan beras kelas III Rp 27.000/jiwa.

Penetapan ini, disepakati dalam rapat bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dihadiri Bupati Shabela Abubakar, Kapolres Aceh Tengah, MPU, Baitul Mal, unsur SKPK serta perwakilan Ormas Keagamaan, Senin (26/04/2021).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H Saidi B, S.Ag. MA., menjelaskan zakat fitrah diutamakan untuk fakir dan miskin, serta dibagikan paling lambat 27 Ramadhan.

“Kami berharap kepada Amil atau Baitul Mal kampung agar membuka penerimaan zakat fitrah sejak saat ini, sehingga pada 27 Ramadhan nanti, telah disalurkan kepada yang berhak menerima,” tutur Saidi.

Wakil Ketua I MPU Kabupaten Aceh Tengah, Drs Amry Jalaluddin, berpesan agar masyarakat mengeluarkan zakat fitrahnya dengan makanan pokok yang biasa dimakan.

MPU melalui fatwa nomor 13 tahun 2014 lalu, telah mengeluarkan fatwa bahwa zakat fitrah wajib dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok daerah setempat, terang Amry.

Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, mengharapkan apapun keputusan yang diambil dalam musyawarah itu tidak keluar dari ketetapan Syariat Islam.

“Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan umat muslim sekali dalam setahun, oleh karena itu, kami berharap apapun keputusan yang diambil, agar tidak keluar dari dalil yang sudah ada,” jelas Shabela. | Roma |

Editor:
Sponsored:
Loading...