Breaking News

Kejari Takengon Musnahkan BB Sabu dan 71 Paruh Burung Rangkong

Kejari Takengon Musnahkan BB Sabu dan 71 Paruh Burung Rangkong

Takengon, BERITAMERDEKA.net- Barang bukti tindak pidana kejahatan berjejer di halaman Gedung Kejaksaan Negeri Takengon untuk dimusnahkan pada Rabu (24/11/2021).

Barang bukti tindak pidana kejahatan, sebanyak 105 perkara dan mempunyai ketetapan hukum sudah diputuskan melalui pra peradilan mulai dari satwa liar yang dilindungi sampai narkoba jenis ganja dan sabu.

Adapun barang-barang bukti tersebut diantaranya, tindak pidana narkotika sebanyak 40 perkara yakni 32 perkara jenis sabu sebanyak 224,43 gram dan delapan perkara jenis ganja sebanyak 28.199,68 gram.

Selain itu, tindak pidana umum lainnya berjumlah 61 perkara, meliputi  satu perkara tindak pidana konservasi SDA berupa satu kulit Harimau Sumatera, 28 kg sisik tringgiling, dan 71 Paruh rangkong.

Tak hanya itu, ada juga Perkara jinayat khamar berjumlah satu perkara yaitu 14 botol kaleng merk bintang mengandung 4,7% alkohol dan tujuh botol kaleng merk bintang kosong mengandung 4,7% alkohol.

Kejaksaan Negeri Aceh Tengah, Yovandi Yazid mengatakan bahwa barang bukti tindak pidana kejahatan tersebut, selama bulan Januari sampai November tahun 2021.

Ia menambahkan dari jumlah barang bukti hari ini, tindak pidana konservasi SDA atau satwa liar yang dilindungi yang paling banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk 2021 barang bukti lainnya, masih ada tapi belum ada keputusan pra peradilan, untuk satwa liar di tahun 2021 sudah habis semua kita musnahkan," terang Yovandi.

Yovandi berharap agar masyarakat tidak membunuh apalagi memperdagangkan satwa liar yang dilindungi, karena hukumannya sangat berat terlebih hewan tersebut mulai langka. Seperti burung Rangkong yang dikategorikan langka, tutup Yovandi. | Roma |

Editor:
Sponsored:
Loading...