Breaking News

 Kedutaan Besar Amerika di Baghdad Dihajar Delapan Roket

 Kedutaan Besar Amerika di Baghdad Dihajar Delapan Roket

BERITAMERDEKA.net  - Delapan roket jenis Katyusha mendarat di kompleks Kedutaan Besar Amerika yang berlokasi di zona hijau Baghdad. Menurut keterangan dari Militer Irak, tidak ada korban jatuh dalam serangan tersebut namun gedung-gedung Kedutaan Besar Amerika mengalami kerusakan.

"Roket ditembakkan oleh kelompok pemberontak. Sebagian besar roket menyasar kawasan hunian dan titik pemeriksaan di zona itu. Gedung dan mobil rusak sementara satu tentara Irak terluka," ujar pernyataan pers Militer Irak, dikutip dari kantor berita Reuters, Senin, 21 Desember 2020.

Militer Irak melanjutkan bahwa sejatinya ada sembilan roket yang diluncurkan ke arah kompleks Kedutaan Besar Amerika. Salah satu roket berhasil dialihkan berkat sistem anti-roket yang terpasang di zona hijau tersebut.

Menanggpi serangan yang terjadi, Kedutaan Besar Amerika di Irak mengutuk serangan itu. Mereka meminta Pemerintah Irak untuk bertindak tegas mencegah serangan serupa terjadi lagi di kemudian hari.

"Sejumlah roket menyasar zona internasional yang mengaktifkan sistem pertahanan Kedutaan Besar Amerika. Ada beberapa kerusakan minor di Gedung Kedutaan Besar, namun tidak ada korban meninggal," ujar pernyataan pers Kedutaan Besar Amerika di Irak. Amerika juga mengancam akan menutup kedutaannya jika insiden serupa terulang lagi.

Per berita ini ditulis, belum ada kelompok pemberontak yang mengklaim sebagai dalang atas serangan itu. Walau begitu, serangan ke properti milik Pemerintah Amerika adalah hal yang sering terjadi di Irak.

Oktober lalu, milisi pemberontak di Irak mengatakan bahwa serangan ke properti Amerika akan dihentikan selama mereka mendapat rincian penarikan pasukan dari Timur Tengah. Sebagaimana diketahui, inkumben Presiden Amerika Donald Trump mencoba menarik 5000 pasukannya di Irak sebagai bagian dari rencana damai di Timur Tengah. Targetnya, penarikan berakhir 2021.(*)

Sumber:reuters
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...