Breaking News

Kecamatan Pandrah Gelar Musrenbang Bahas Usulan Pembangunan 2022

Kecamatan Pandrah Gelar Musrenbang Bahas Usulan Pembangunan 2022

Bireuen.BERITAMERDEKA.net - Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Kamis (18/2/2021) yang berlangaung di aula kantor camat setempat.

Pertemuan tersebut, membahas berbagai usulan pembangunan untuk tahun 2022 yang dihadiri keusyik gampong, kepala dinas, anggota DPRK. Musrenbang dibuka oleh staf ahli Bupati Bireuen, Mukhtar Abdah.

Staf ahli bupati itu, menjelaskan Musrenbang dilaksanakan untuk penajaman, penyelarasan klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan gampong yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah dan ekonomi wilayah Kecamatan Pandrah.

Ia mengingatkan, kegiatan yang menjadi kewenangan gampong, jangan diusulkan dalam Musrenbang kecamatan, karena yang menjadi kewenangan gampong akan didanai dengan dana gampong.

"Usulan yang disampaikan jangan hanya program fisik saja, seperti jembatan, jalan, irigasi dan saluran," tuturnya. Namun, usulkan juga bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam upaya pengentasan kemiskinan, juga bidang lainnya.

Camat Pandrah Hasan Basri, menyampaikan sistem dan pelaksanaan kegiatan musyawarah ini, tetap melalui mekanisme perencanaan yang baku.

Camat Hasan menambahkan, petani dapat mengusulkan masalah kelangkaan pupuk subsidi dan gas elpiji 3 kilogram yang harga ecerannya sampai Rp.30.000 di tangan masyarakat.

Ia juga menyebutkan, yang bukan perubahan mekanisme yang sebelumnya, harus disikapi oleh pemerintah untuk menyiapkan dokumen – dokumen sebagai persyaratan untuk pencairan dana tahap pertama.

“Yang pertama laporan penyerapan anggaran sebelumnya dengan konsentrasi yang telah ditentukan oleh PMK tadi, yang kedua adalah laporan tentang realisasi pelaksanaan yang mampu menjaring aspirasi dari masyarakat mulai dari pada tingkat gampong sampai kecamatan, " jelasnya. |Umar A Pandrah|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...