Breaking News

Bank Aceh

Kaum Ibu Antusias Beribadah Di Bulan Ramadhan

Kaum Ibu Antusias Beribadah Di Bulan Ramadhan
Kaum Ibu khusuk beribadah | foto r ismail

SEJAK awal hingga hari ke Sembilan suasanan Ramadhan semakin menggairah di sentero Aceh. Sudah menjadi rutinitas bagi kaum ibu sangat antusias mengikuti kegiatan keagamaan di berbagai kawasan (masjid). Seperti dilaksanakan kelompok majlis taklim Masjid At-Taqwa dan Al-Muhajirin.

Perkumpulan pengajian kaum ibu dan perkumpulan pengajian lainnya di Banda Aceh sangat antusias melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan.

Kegiatan berlangsung sejak ba’da Subuh yang dilanjutkan dengan tausiah agama disampaikan oleh sejumlah ustaz atau da’i yang sengaja diundang pihak panitia atau pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM).

Usai tausiah yang disampaikan para Ustaz itu, jamaah atau laki-laki langsung beranjak keluar. Namun, sangat berbeda dengan kaum ibu yang memilih berlama-lama di masjid. Kaum ibu mulai jam menunjukkan pukul 06:30 wib terus melanjutkan kegiatan semisal zikir bersama dan dilanjutkan pengajian Al-Qur’an atau Tadarus hingga shalat sunat dhuha.

Sebagai yang dipantau BERITAMERDEKA.net, Sabtu 2 Mei 2020 ba’da subuh di Masjid At-Taqwa dan Masjid Al-Muhajirin. Di masjid yang bertetangga para kaum ibu melaksanakan kegiatan secara berjamaah.

Pimpinan kelompok Majelis Taklim kaum ibu di Masjid Al-Muhajirin Lamlagang Hj Rosnidar kepada BERITAMERDEKA.net mengatakan, kegiatan keagamaan kaum ibu setiap ba’da Subuh, itu sudah merupakan kegiatan rutinitas Ramadhan pada setiap tahunnya. 

Disamping itu, katanya, pelaksanaan kegiatan keagamaan secara berjamaah ini lebih memupuk ikatan silaturrahim antara sesama muslim terutama yang bergabung dalam kelompok pengajian.

Jalinan silaturrahim, sebut dia, memperpanjang umur seseorang dan saling bisa mengasah kemampuan ilmu yang diperoleh dari para penceramah. “Banyak hal yang bisa didapatkan lewat program silaturahmi ini,“ katanya. 

Program ibadah tambahan berjamaah ini dilaksanakan setiap hari dengan lokasi di masjid setempat. Tujuannya untuk lebih menguatkan Syiar Islam dan menyemarakkan suasana Bulan Ramadhan dan membuktikan kesungguhan kaum ibu yang bergembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan.

“Kegembiraan ini diimbangi dengan pelaksanaan kegiatan ibadah sunnah. Meski sudah setengah tua dan menjelang lansia, saya lihat semua anggota yang bergabung tetap antusias," sebutnya.

Di Masjid Al-Muhajirin Lamlagang, pada Subuh Sabtu, 2 Mei 2020, bertindak sebagai penceramah atau tausyiah subuh adalah Ustaz Rustandi, S.Ag. Kegiatan ibadah itu juga didominasi kaum ibu. | r ismail |

Sponsored:
Loading...