Breaking News

Bank Aceh

Kasus HIV AIDS Di Aceh Jaya Tercatat 6 Kasus, Tiga Selama Corona

Kasus HIV AIDS Di Aceh Jaya Tercatat 6 Kasus, Tiga Selama Corona

 Calang, BERITAMERDEKA.net- Sejak tahun 2010 sampai 2020,
Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya mencatat kasus HIV AIDS terjadi penambahan menjadi 6 kasus.

Bahkan dari enam kasus HIV AIDS diantaranya tiga kasus tercatat selama wabah virus covid-19 yang melanda Aceh Jaya.

Eka Randiana, Kasi Pencegahan, Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya mengungkapkan, tiga penambahan kasus HIV AIDS di Aceh Jaya tersebut bukan kasus baru namun pasien lama yang sudah berobat di luar Aceh Jaya.

Ia menjelaskan, diketahui adanya kasus HIV AIDS setelah adanya informasi yang disampaikan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umar, bahwa ada pasien yang mengambil obat

"Tiga pasien itu bukan pasien baru namun pasien lama tidak pernah berobat di Aceh Jaya, mungkin selama pandemi ini susah ambil rujukan keluar, baru kali ini kita ketahui," kata Eka Randiana, Rabu 30/9/2020.

Eka Menjelaskan, ketiga pasien yang terkonfirmasi positif HIV tersebut bukan warga asli Aceh Jaya, namun warga pendatang yang saat ini berdomisili di Aceh Jaya.

" Mereka bukan asli kelahiran Aceh Jaya, hal itu sesuai dengan data di KTP karena tempat lahirnya bukan asli Aceh Jaya dan hanya menetap saja," ungkap Eka.

Ia menerangkan, untuk kasus penyakit HIV AIDS di Kabupaten Aceh Jaya, sejak tahun 2010 satu kasus, 2015 satu kasus dan 2017 satu kasus, sedangkan yang kasus di tahun 2010 dan 2015 sudah meninggal dunia dan penambahan tiga kasus di tahun 2020 ini.

"Penyakit ini tidak ada cara lain dalam penanganan, jika sudah terkena maka harus mengkonsumsi obat, dan biasanya kalau HIV pasien masih bisa seperti biasa seperti kita, namun jika sudah sakit parah itu baru masuk dalam katagori AIDS," jelad Eka. |musliadi|

Sponsored:
Loading...