Breaking News

Bank Aceh

Kapolda Aceh Diminta Tuntaskan Kasus Penyelewengan Dana Beasiswa

Kapolda Aceh Diminta Tuntaskan Kasus Penyelewengan Dana Beasiswa
Zulfikar ZA

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Kasus beasiswa tahun 2017 bersumber dari APBA usulan dari aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh disinyalir dipetieskan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Wilter Aceh, Zulfikar ZA pada media ini 7 Mei 2020.

Menurutnya, hingga kini Polda Aceh belum menetapkan para tersangka, setelah penyelidikan berkelanjutan dugaan kasus penyelewengan beasiswa tahun 2017.

Lebih lanjut dikatakan Zulfikar ZA, meski ditengah penangulangan wabah virus Corona (Covid-19) yang sedang melanda dan berupaya dicegah oleh pemerintah Aceh, namun dugaan kasus yang merugikan negara itu jangan dipeties-kan.

Pasalnya, kasus itu mulai hilang dari pemberitaan, padahal dugaan penyelewengan beasiswa tersebut menjadi PR besar Kapolda Aceh.

"Virus Covid-19 sama-sama kita lawan, tapi dugaan kasus beasiswa itu jangan dilupakan, berita yang kita saksikan terakhir pada Januari 2020.

"Katanya, sudah 100 mahasiswa penerima yang dimintai keterangan, tapi belum menetapkan tersangkanya," ujar Zulfikar.

Zulfikar menambahkan, hingga memasuki pertengahan tahun 2020, Polda Aceh belum menentukan tersangka para pembegal dana bantuan pendidikan (beasiswa) itu.

Padahal Kapolda Aceh sebelumnya, berjanji akan mengusut tuntas dugaan kasus yang diduga melibatkan oknum anggota dewan tersebut.

Ia minta kepada Polda Aceh sebagai pihak penanggung jawab dalam mengusut dugaan kasus tersebut, agar segera menetapkan tersangka, supaya masyarakat tidak berpresepsi yang keliru.

"Kalau memang tidak diusut lagi, lebih baik dilimpahkan saja ke KPK, dugaan kasus korupsi beasiswa ini sudah berjalan 4 tahun," pungkas eks Kombatan GAM ini.

Sebelumnya, pihak penegak hukum berjanji akan mengusut tuntas kasus dugaan pemotongan dana bantuan pendidikan (beasiswa).

Ada 800 saksi yang akan diperiksa, dan didominasi para mahasiswa penerima beasiswa. | syafrul |

Sponsored:
Loading...