Breaking News

Bank Aceh

Anggaran Dipotong Capai 80 Persen :

Kapal Tol Laut Sabuk Nusantara Sempat Berhenti Berlayar Sebulan

Kapal Tol Laut Sabuk Nusantara Sempat Berhenti Berlayar Sebulan

Calang, BERITAMERDEKA.net - Sempat terhentinya keberangkatan selama sebulan lebih kapal Tol Laut KM Sabuk Nusantara 110 Pangkalan Calang, Aceh Jaya yang melayani penyebrangan ke Simeulue kini kembali berlayar, Jum'at 26 Juni 2020.

Terhentinya pelayaran akibat cuaca buruk dan devisitnya anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah.

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 110 yang berlabuh di pelabuhan Calang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan RI yang resmi beroperasi pada lintasan perintis di Aceh, sejak 28 Mei 2018 lalu.

Berhentinya pelayaran KM Sabuk Nusantara membuat para penumpang yang menggunakan jasa kapal perintis tersebut terpaksa menggunakan kapal penyebrangan lainnya.

Syahbandar Pelabuhan Calang melalui Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap mengatakan untuk saat ini kapal perintis KM Sabuk Nusantara 110 yang berlayar ke sejumlah rute kini sudah aktif kembali.

Menurutnya, tak berlayar selama ini karena pemangkasan anggaran subsidi angkutan laut perintis dipotong hampir 80 persen yang dialihkan untuk penangan Covid-19 di seluruh Indonesia, sehingga kapal berhenti beroperasi sementara sampai anggaran kembali direvisi.

"Anggaran subsidinya dipotong hampir 80 persen di seluruh Indonesa, makanya Kapal Sabuk Nusantara berhenti beroperasi untuk sementara," tambah Amru.

Lebih lanjut, kata Amru dalam pelayaran ke berbagai daerah yang diawali pada hari ini, pihaknya bersama petugas kesehatan baik dari Aceh Jaya maupun Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh Wilayah Kerja Meulaboh tetap perketat setiap penumpang yang akan menyebrang.

" Setiap penumpang akan melalui proses secara ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid -19 dengan cek suhu tubuh, memakai masker dan menjaga jarak setiap penumpang Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 110," jelas Azwana Amru Harahap.| musliadi |

Sponsored:
Loading...