Breaking News

Bank Aceh

Jalan Lokop - Peunaron Dilanda Banjir, Transportasi Lumpuh Total

Jalan Lokop - Peunaron Dilanda Banjir, Transportasi Lumpuh Total

Aceh Timur, BERITAMERDEKA.net - Hujan deras secara terus menerus yang mengguyur Aceh, khususnya di pedalaman kabupaten Aceh Timur menyebabkan banjir setinggi 1,5 meter di Jalan Provinsi yang menghubungkan Lokop – Peunaron disekitar Bukit Sabandar Jumat, 15 Mei 2020.

Sungai Lokop yang bermuara ke Kuala Perureulak tak mampu menampung debit air tersebut hingga mengenai seluruh jalan sehingga tranportasi lumpuh total.

Indra, salah seorang warga Lokop saat dikonfirmasi media ini, Jumat 15 Mei 2020, membenarkan dengan mengatakan, air menggenangi jalan provinsi ini terjadi akibat luapan sungai Lokop-Pereulak yang seminggu terkahir debit airnya naik akibat tingginya curah hujan di hulu.

Selain badan jalan, banjir juga menggenangi  pemukiman warga terlebih lokasi pemukiman warga lebih rendah dari badan jalan.

"Kini warga hanya mengungsi kerumah tetangga dan kerabat mereka, air menggenangi pemukiman selama empat jam setelah itu secara perlahan surut,” ujarnya dan menambahkan, menjelang malam banjir tersebut dilaporkan secara perlahan mulai surut.

Dari keterangan Indra, banjir juga menggenangi di Dusun Karang Kuda ketinggian merendam badan jalan tersebut setinggi 1,5 meter.

Beruntung kejadian ini terjadi tengah malam sehingga tidak banyak warga yang melintas dan paginya surut.

Sementara sehari sebelumnya, ratusan hektare lahan warga di Gampong Rampah, Mesir dan Gampong Seulemak  membuat warga merugi.

Kejadian yang ini kata Sulman, baru kali ini terjadi air sungai berpindah pindah di sekitar sawah warga   bahkan membelah sawah warga.

"Kondisi ini dipastikan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian warga, beberapa tanaman palawija dipastikan akan mati terbenam banjir," kata Indra.

Karena itu, meminta Pemerintah Aceh  dan Aceh Timur agar melakukan normalisasi  sungai  tersebut karena sudah dipenuhi pasir yang dapat mengancam tanaman pertanian warga setempat. | syafrul |

Sponsored:
Loading...