Breaking News

Innalillahi...Selamat Jalan Ayah Panton

Innalillahi...Selamat Jalan Ayah Panton

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Sosok Budayawan sekaligus ahli Bahasa Aceh, Syamsuddin Jalil atau akrab disapa Ayah Panton meninggal dunia, Sabtu (29/5/2021) sekira pukul 03.00 WIB.

Kepergian sang budayaan otodidak itu, menghiasi dunia maya.
Barlia AW, salah seorang wartawan senior juga budayawan memberitahu tentang kepergian Ayah Panton dilaman facebooknya.
"Innalillahi wainna ilaihirajiun. Telah berpulang ke rahmatullah Ayah Panton," tulisnya.

Hamdan Budiman, salah seorang kolega dekat Ayah Panton kepada beritamerdeka.net Sabtu 29 Mei 2021 mengatakan pihaknya sehari lalu baru saja melakukan komunikasi untuk bertemu di Banda Aceh.

"Gata Hamdan sudah di Banda Aceh, saya besok ya ( hari ini- red) lon u Banda. Kita ketemu di Banda Aceh ya," kata Hamdan meniru hasil percakapan pihaknya dengan almarhum.

Hamdan Budiman yang juga berprofesi wartawan, saat ini merupakan kawan dekat Ayah Panton. Mereka baru saja melounching sebuah majalah berbahasa Aceh bernana " Neurok".

Lahirnya majalah berbahasa Aceh ini, menurut Hamdan, atas prakarsa almarhum. "Saya terkejut dan sangat terpukul dengan kepergian beliau," katanya.

Ayah Panton adalah tokoh adat dan budayawan Aceh. Selama hidup, Ayah Panton mendedikasikan hidupnya untuk mengangkat khazanah budaya Aceh, termasuk penulisan membumikan Bahasa Aceh.

Dalam dua tahun terakhir, Ayah Panton juga menggagas lahirnya Majalah Neurok, majalah berbahasa Aceh pertama di Aceh.
Ayah Panton juga menjadi referensi bagi beberapa penyanyi di Aceh sebagai inspirasi dalam penulisan lirik lagu, termasuk Rafly Kande. Selamat jalan Ayah Panton, karya dan inspirasimu abadi.

Selama hidupnya, Ayah Panton sosok bersahaja dengan tutur kata santun. Beliau dalam setiap percakapan sering nentansilkan dengan langgam bahasa Aceh. Betul jadi sebuah inspirasi dan pengetahuan. (*)

Sponsored:
Loading...