Breaking News

Innalillahi...Pelatih PPLP Aceh Kustiono Meninggal Dunia

Innalillahi...Pelatih PPLP Aceh Kustiono Meninggal Dunia
Alm Kustiono

Sigli, BERITAMERDEKA.net - Innalillahiwainnailaihi rajiun..Pelatih tim sepakbola Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Aceh Kustiono menghembuskan nafas terakhir, Jumat (2/4/2021) dini hari di Sigli, Pidie.

Berita duka tersebut disampaikan pelatih muda Aceh Muhammad Azhar yang diterima Football Aceh, Jumat pagi. Azhar yang juga pelatih tim sepakbola PON Aceh itu sempat menjenguk almarhum saat masih dirawat di rumah sakit.

Kabar lain yang diperoleh dari asisten pelatih tim PPLP Aceh, Saiful Imran menyebutkan, Pak Kus — sapaan akrabnya sempat menjalani perawatan selama dua malam di Rumah Sakit Meuraxa, Banda Aceh.

“Setelah itu, keluarga sepakat membawa almarhum pulang kampung istrinya di Kembang Tanjong, Pidie. Sebelum meninggal, almarhum sempat membaik,” cerita Saiful Imran.

Kata dia, almarhum tutup usia di umur 59 tahun setelah menderita sakit yang sudah komplikasi. “Beliau ada penyakit gula (diabetes), darah tinggi, prostat juga,” sebut mantan pelatih PSAP Sigli ini.

Sebagai orang yang paling dekat dengan almarhum selama di PPLP dalam beberapa bulan terakhir, Saiful mengatakan dirinya mengaku belajar banyak pada sosok pelatih yang cukup akrab dengan sepakbola Aceh ini.
“Sebelum masuk rumah sakit beliau berpesan, minta saya untuk menjaga anak-anak.

Program-program latihan tetap diteruskan, karena itu sudah sangat bagus,” ungkap Saiful.
Saiful merasa bersedih karena ucapan alm Kustiono yang mengaku dirinya benar-benar sakit. “Saya ini sudah benar-benar sakit. Tidak main-main ini. Tolong jaga anak-anak,” kata Saiful meniru ucapan Kustiono sebelum berpulang.

Staf medis di PPLP Aceh Icha juga merasa kehilangan almarhum yang dikenal sangat baik dan mendapat respek tinggi dari pemain PPLP dan juga para alumni. “Beliau Selasa siang masuk rumah sakit. Malam Rabunya di bawa pulang ke Sigli,” ujar dia.

Mantan pelatih kiper PPLP Amiruddin juga merasa amat kehilangan almarhum. Apalagi, almarhum juga ikut melatih tim Mutiara Raya, Beureuneun, Pidie sebelum PPLP aktif kembali. PPLP Aceh sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Amir sudah bersama Kustiono di PPLP sejak 2018. Di tahun pertamanya di PPLP Aceh, Kustiono sukses mempersembahkan juara saat Aceh menjadi tuan rumah. “Kami semua kehilangan besar dengan kepergian Pak Kus. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah,” ucap dia.

Katanya, Kustiono dimakamkan di kampung istrinya, Murni di Gampong, Kayee Panyang, Kembang Tanjong, Pidie. Sekitar 17 kilomoter dari Sigli ibu kota kabupaten Pidie.

Sebelum membesut PPLP, almarhum merupakan pelatih PSAP Sigli. Kemudian dia juga melatih PSMS Medan menggantikan Suimin Diharja pada musim Divisi Utama Liga Indonesia 2009-2010.
Dikutip Football Aceh dari tribunmedan.com, berikut ini jenjang karier almarhum:

Karier di Klub
PS Srinaga
Sahata FC
Putra Buana
Mercu Buana
Karier Kepelatihan
1989-2000 Putra Buana
1994-1995 PSMS Junior
2000 Medan Jaya
2004 PSBL Langsa
2007 PSSA Asahan
2008 PSKPS Padang Sidempuan
2009 PSAP Sigli
2009-2010 PSMS Medan
2011 PSB Bogor
2012 PSGL Gayo Lues
2018-2021 PPLP.(*)

Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...