Breaking News

Bank Aceh

Ini Profil Karir Politik Teuku Riefky Harsya

Ini Profil Karir Politik Teuku Riefky Harsya
Bersama Keluarga | Foto fb Teuku Riefky

BERITAMERDEKA.net – Sejak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), resmi mengumumkan struktur baru di Partai Demokrat.

Penunjukan Teuku Riefky Harsya sebagai Sekjen Partai Demokrat menggantikan Hinca Pandjaitan menjadi salah satu sorotan publik.

Mayoritas publik memang belum akrab dengan nama Teuku Riefky Harsya. Padahal Teuku Riefky Harsya merupakan politisi tulen di partai berlambang mercy tersebut.

Sebagaimana dijelaskan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Ossy Dermawan, Teuku Riefky Harsya merupakan kader lama yang dimiliki Demokrat. Ia bergabung di Demokrat sejak tahun 2001.
“Tahun 2002, dia meniti karier sebagai Wakil Ketua DPC Jakpus. Lalu lanjutkan karier sebagai anggota DPR RI sejak tahun 2005 hingga saat ini, selama empat periode,” terangnya dalam akun Twitter pribadi, Kamis 16 April 2020.

Saat ini, sambung Ossy, Teuku Riefky Harsya menjabat sebagai pimpinan Komisi I DPR.

Sementara pada kepengurusan DPP tahun 2015 hingga tahun 2020, Teuku Riefky Harsya menjabat sebagai wasekjen.

Karirnya menanjak setelah pada tahun 2018 hingga 2019 dipercaya mendampingi AHY sebagai Wakil Komandan Kogasma Demokrat.
“Saat ini dia sedang menempuh pendidikanv program doktoral di Institut Pertanian Bogor (IPB), serta putra asli Aceh,” jelas Ossy.

Teuku Riefky Harsya, Putra Aceh kelahiran Jakarta Tanggal, 28 Juni 1972. Ayahnya Teuku Syahrul Muda dan Ibu Pocut Haslinda Muda Dalam Azwar, Istrinya, Adinda Yuanita.

Ia termasuk sebagai wajah baru di dunia politik. Walaupun begitu, di usianya yang masih muda Teuku Riefky Harsya itu berhasil menorehkan prestasi dengan memperoleh suara tertinggi dalam pemilihan umum tahun 2009, pemilhan Aceh satu. Akhirnya mengantarkan melenggang ke Senayan.

Pria kelahiran Jakarta itu, ikut berpartisipasi di riuhnya kancah politik bermula saat dia menerima tawaran Partai Demokrat untuk menjadi bakal calon anggota legislatif pada pemilihan umum tahun 2009.

Dengan berbekal tekad yang kuat serta dukungan penuh dari partai Demokrat akhirnya Teuku Riefky yang merupakan lulusan Norwich University, Military College of Vermont US ini memberanikan dirinya untuk ikut berpartisipasi sebagai calon legislatif dalam pesta rakyat tersebut.

Partai Demokrat sendiri menunjuknya untuk mewakili daerah pemilihan Aceh I.

Setelah resmi sebagai anggota DPR RI, sehari-harinya putra sastrawan kondang dari Aceh, Hj Pocut Haslinda Mudadalam Azwar  ini bertugas sebagai anggota Komisi VII yang fokus menangani permasalahan di bidang energi sumber daya mineral, riset, teknologi dan lingkungan hidup.

Oleh partai Demokrat, Teuku Riefky ditunjuk sebagai ketua komisi. Saat ini, Teuku bersama anggota Komisi VII yang lain sedang concern menangani beberapa isu lingkungan dan migas yang sedang hangat menjadi bahan pembicaraan. Ia juga beberapa kali tampak ikut dalam rombongan Komisi VII yang melakukan kunjungan kerja.

Sebelum menjadi anggota DPR RI, putra politisi Golkar, Teuku Syahrul Muda, ini memang telah aktif di beberapa kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan, seperti Kosgoro, ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia), Save Aceh Foundation dan lain-lain.

Selain itu, dalam industri media dan teknologi informasi, Riefky juga pernah berpartisipasi dalam mengembangkan stasiun TV, agen periklanan, rumah produksi, internet provider, stasiun radio, majalah, surat kabar, distributor komputer, pedagang grosir komputer, hingga perusahaan satelit. | tarmilin usman |

Sponsored:
Loading...