Breaking News

Ini Lokasi Ru'yatul Hilal 1 Ramadhan Tadi Sore di Seluruh Aceh

Ini Lokasi Ru'yatul Hilal 1 Ramadhan Tadi Sore di Seluruh Aceh

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah/2021 pada Senin (12/4/2021).


Menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, sidang isbat akan digelar secara daring dan luring.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya'ban 1442 Hijriah," kata Kamaruddin, Senin (12/4/2021).

Sidang dihadiri oleh Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag dan tim Hisab dan rukyat Kemenag.

Sejumlah ormas Islam, antara lain NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kemenag, namun ada juga perwakilan ormas yang akan mengikuti sidang secara daring.

"Ada 29 duta besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang," ujarnya.
Berdasarkan jadwal yang diterima Kompas.com, Kemenag akan memaparkan posisi hilal pada pukul 16.45 WIB dan bisa disaksikan secara daring melalui media sosial Kemenag.
Kemudian sidang isbat baru akan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB yang digelar secara tertutup.

Hasil sidang isbat diumumkan melalui konferensi pers pada pukul 19.30 WIB dan disiarkan melalui televisi dan media sosial.

Berikut ini daftar lokasi ru'yatul hilal 1 Ramadhan 1442 Hijriah:
- Daerah Istimewa Aceh : (1) Observasi Tgk. Chiek Kuta Karang Lhoknga Aceh, (2) Lhokseumawe Bukit Blang Tiron Perta Gas Arun, (3) Aceh Jaya Gunung Cring Crang, (4) Aceh Barat Pantai Suak Geudeubang, Aceh Selatan, (5) Pantai Lhok Keutapang, (6) Simeule Pantai Teluk Dalam, (7) Sabang Tugu "0" KM.(*)



Sumber:Kompas
Sponsored:
Loading...