Breaking News

Ini Kisaran Harga Hewan Kurban di Aceh

Ini Kisaran Harga Hewan Kurban di AcehFOTO: Rusli Ismail
Penjualan Hewan Kurban di Pasar Sibreh

Banda Aceh,BERITAMERDEKA.net - Menjelang dua sepekan lagi Idul Adha 1441 Hijriyah yang diperkirakan jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, sejumlah pedagang hewan qurban mulai kedatangan pembeli.

Namun peningkatan penjualan tidak terlalu signifikan, meski harga hewan kurban masih tergolong stabil.

Harga Sapi

Salah seorang penjual hewan kurban di Montasik, Aceh Besar, Syamsul mengatakan, perbandingan penjualan hewan qurban pada Idul Adha tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

“Selain harga yang relatif stabil, pasokan juga masih mencukupi,” kata Syamsul, Rabu 15 Juli 2020.

Syamsul  mengatakan, harga sapi yang ditawarkan mulai dari Rp15 juta hingga Rp30 juta/ekor. Harga itu tergantung dari bobot hewan kurban. Namun yang paling diminati itu sapi lokal (Aceh).

Harga Kambing

Penjual hewan kurban lainnya Samidan, mengaku penjualan kambingnya juga belum terlalu mengalami kenaikan yang drastis. Baru 10 ekor kambingnya terjual dan sapi lima ekor.

Dikatakan Samidan, kambing yang paling diminati jenis blasteran Ottawa dengan kambing Jawa. Bobot dari kambing yang jauh lebih besar dibanding dengan kambing lainnya membuat pembeli lebih memilih kambing  blasteran.

“Harga jualnya antara Rp2,5 juta sampai Rp4 juta per ekor,“ katanya.

20 Ekor Sapi

Sementara itu, di beberapa masjid masih terus menerima pendaftaran peserta kurban. Pantauan BERITAMERDEKA.net, di Masjid As-Sadaqah Lamlagang, sudah tercatat ada 20 ekor sapi dan lima ekor kambing terdaftar akan dikurbankan.

Ketua Panitia kurban Masjid As-Sadaqah H Muhammad Ibrahim SH menyebutkan, pendaftaran hewan kurban masih dibuka sampai 25 Juli 2020 mendatang. Tahun ini, penyaluran hewan kurban Masjid As-Sadaqah belum mencapai target.

“Target kita tadinya paling tidak sama dengan qurban Idul Adha 1440 tahun lalu, yakni 26 ekor sapid dan 15 ekor kambing. Tapi, yang baru ada sekarang hanya 16 ekor sapi. Begitupun, kita masih terima hewan kurban sampai hari 25 Juli 2020,“ katanya.

Disebutkannya, penyaluran hewan kurban Masjid As-Sadaqah akan diberikan ke warga Desa Lamlagang dan panti asuhan. Nantinya masyarakat akan mendapatkan kupon sebagai bukti pengambilan daging qurban.| Rusli Ismail |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...