Breaking News

Industri Kerupuk Kulit Ferdi Dikunjungi Babinsa

Industri Kerupuk Kulit Ferdi Dikunjungi Babinsa
Teks Foto: Ferdi pemilik usaha kerupuk kulit sapi, sedang merebus kulit sapi bakal kerupuk di bantu seorang Babinsa. (Beritamerdeka.net/Ist)

Birem Bayeun, BERITAMERDEKA.net -
Panasnya api dari tungku rebusan tak dirasakan lagi. Sesekali ia mengaduk aduk air dalam drom rebusan. Seraya menambahkan kayu bakar ke dalam tungku

Ferdi, pria umur kepala empat itu, warga Gampong Aramiah, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. Menjadi pengrajin usaha kerupuk kulit sudah dilakoninya beberapa tahun terakhir ini.

Hasil olahannya, biasa dipasarkan di beberapa tempat termasuk ke sejumlah warung dan kedai yang ada di kota Langsa, Idi, dan Kuala Simpang.

Untuk mendapatkan bahan baku, dirinya mengaku membelinya dari penjual daging sapi. "Kulitnya kita beli pak," tukas Ferdi.

Ferdi menuturkan tahapan cara membuat kerupuk kulit sapi ala rumahan. Begini caranya kata Ferdi, rendam terlebih dulu kulit sapi ke dalam ember berisi air kapur selama kurang lebih 2 hari. Setelah itu, bersihkan bulu-bulu kulit sapi hingga bersih menggunakan pisau tajam.

Jemur kulit sapi yang telah selesai direndam air kapur di bawah sinar matahari, biarkan sampai mengering. Selanjutnya, potong kulit sapi yang sudah mengering sesuai selera.

Rebus kulit sapi dengan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, bawang putih, gula, garam, dan penyedap rasa. Angkat dan tiriskan kulit sapi yang sudah direbus. Jemur kembali hingga benar-benar kering.

Jika sudah, panaskan minyak dalam wajan penggorengan. Goreng kulit sapi tersebut ke dalam wajan dengan minyak bersuhu sedang dan api kecil. Biarkan sampai kerupuk tampak agak mekar. Angkat dan tiriskan kerupuk kulit yang agak mekar tersebut.

Kemudian goreng kembali dengan api besar hingga kerupuk kulit sapi terlihat mekar. Angkat dan tiriskan kembali.

Namun, ungkap Ferdi, mesti memperhatikan cara menggorengnya, karena letak keberhasilan hingga kerupuk kulit tampak mekar sempurna adalah dari teknik penggorengannya, yakni dua kali.

Usaha industri rumahan kerupuk kulit milik Ferdi mendapat perhatian dari Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Serda Eko Tri Suranto yang melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) ke gampong binaan apada, Selasa (02/03/2021).

Serda Eko Tri mengatakan giat Komsos merupakan tugas pokok untuk membina gampong yang menjadi tanggung jawab Babinsa dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mendongkrak kemajuan ekonominya dengan memberikan motivasi kepada warga di wilayah binaan.

"Ditengah pandemi covid-19 banyak pemilik usaha yang mengalami kemunduran/kurang omset, oleh karena itu sebagai Babinsa kami mempunyai kewajiban untuk memberikan semangat dan motivasi kepada warga untuk tetap berusaha, sehingga mereka dapat bangkit kembali dan dapat meningkatkan hasil produksi dan sudah tentu dapat meningkatkan ekonomi keluarga," ucap Eko sembari mengoreng kerupuk. | syafrul |

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...