Breaking News

Indonesia Jadi Panggung Pemimpin Kudeta Militer Myanmar

Indonesia Jadi Panggung Pemimpin Kudeta Militer Myanmar
Jenderal Min Aung Hlaing | foto ist

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Pihal yang berhak mengumumkan siapa saja pemimpin negara yang datang ke KTT ASEAN memang Brunei Darussalam.
Sebab, merekalah ketua organisasi negara-negara Asia Tenggara itu saat ini.

Namun, jika pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing jadi datang, tetap saja Indonesia akan sulit mengelak dari sorotan tajam. Sebab, lokasi KTT di Sekretariat ASEAN adalah Jakarta. Dan, kunjungan itu juga tergolong ”istimewa” lantaran menjadi lawatan luar negeri pertama Jenderal Min ke luar negeri sejak Tatmadaw –militer Myanmar– yang dipimpinnya melakukan kudeta pada 1 Februari lalu.

”Bukan Indonesia tuan rumahnya,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah tentang acara yang khusus membahas kondisi Myanmar tersebut saat dikonfirmasi kemarin (18/4/2021). Dia belum mengetahui detail acara.

Apakah bakal berlangsung beberapa hari dan dilakukan secara luring. Sebab, sampai kemarin belum ada keterangan resmi.

Disinggung tentang para pemimpin negara yang akan hadir, mantan duta besar RI untuk Kanada tersebut menyebut bukan kewenangan Indonesia untuk menyampaikan. Melainkan Brunei selaku ketua ASEAN saat ini.

Meski begitu, Kedubes Indonesia di Myanmar sempat beberapa hari didemo. Penyebabnya, sempat beredar kabar bahwa Menlu Retno Marsudi akan melawat ke negeri yang dulu bernama Burma tersebut. Bagi para demonstran antikudeta, itulah bentuk pengakuan kepada junta yang telah menumbangkan pemerintahan sah Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi sebagai pemenang pemilu. Lawatan itu ternyata tidak jadi.(*)

Sumber:Jawapos.com
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...