Breaking News

Imam Masjid Meninggal Dunia Saat Berdoa di Atas Mimbar

Imam Masjid Meninggal Dunia Saat Berdoa di Atas Mimbar

BERITAMERDEKA.net - Imam Masjid Muhammadiyah Baiturrahman Muhammad Ruddin Emang meninggal dunia saat menyampaikan ceramah usai salat dhuhur, Senin 26 April 2021.

Almarhum adalah mantan Ketua Majelis Pustaka Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar periode 2010 - 2015. Majelis yang mengurusi pusataka Muhammadiyah. Seperti kitab-kitab, buku, dan referensi Muhammadiyah.

"Pengurus dan imam Masjid Baiturrahman sejak lama," kata Ketua Pemuda Muhammdiyah Makassar Awang Darmawan mengatakan, almrhum Muhammad Ruddin Emang sudah lama menjadi pengurus dan imam masjid Baiturrahman Panaikang Makassar.

Informasi yang diperoleh, istri almarhum bernama Rahmi Razak juga telah berpulang ke rahmatullah beberapa minggu yang lalu.
Almarhum Ruddin Emang juga dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

"Keluarga besar Muhammadiyah Kota Makassar merasakan duka cita yang mendalam atas wafatnya almarhum. Ini sebuah kehilangan besar bagi kami di Muhammadiyah," ungkap Awang.

Menurut Awang, khususnya di Angkatan Muda Muhammadiyah, almarhum adalah sosok pejuang dakwah Muhammadiyah yang istiqomah, tawadhu', dan senang berbagi ilmu.

"Beliau teladan bagi kami anak-anak muda Muhammadiyah," kata Awang.
Almarhum meninggal dunia saat berdiri di mimbar masjid. Menyampaikan ceramah usai salat dhuhur, Senin 26 April 2021.

Ustadz Ruddin Emang sedang memberikan kultum usai salat dhuhur di Masjid Baiturrahman Muhammadiyah Panaikang Makassar.

Dalam video yang beredar, Ustadz Muhammad Ruddin Emang akan mengakhiri kultum. Sudah mengangkat kedua tangan mengajak jemaah berdoa. Belum selesai doanya, tiba-tiba kepalanya terkulai dan jatuh di mimbar masjid.

Jemaah yang melihat dan mendengar suara langsung berusaha melakukan pertolongan. Mengangkat badan Ustadz Ruddin. Namun nyawa ustadz tidak sempat diselamatkan. Ustadz Ruddin Emang dinyatakan telah meninggal dunia di masjid.

"Beliau orang yang baik, meninggal di bulan yg baik, di tempat yg baik, dengan cara yg baik," kata warganet. Mengutip dari instagram terkinidotid.

"Husnul khatimah insya Allah, Bapak DR. H. Ruddin Emang, M.Pd," tulis Yusuf Hakim, warganet yang mengabarkan lewat media sosial.

Ustadz Ruddin Emang adalah tokoh Muhammadiyah. Dua pekan lalu istrinya juga dikabarkan telah meninggal dunia.(*)

Sumber:Suara.com
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...