Breaking News

Webinar Berperan Penting Saat Pandemi

Ilham Pangestu dan Kominfo RI Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi

Ilham Pangestu dan Kominfo RI Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi
Tangkapan layar saat Webinar. (Foto: Syafrul)

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Anggota DPR RI Dapil II Aceh, Ilham Pangestu bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, menggelar seminar daring (Webinar), Rabu (17/02/2021).

Peserta kurang lebih sebanyak 200 orang terdiri dari 8 Kabupaten Kota dalam wilayah daerah pemilihan II Aceh, mengikut sertakan berbagai kalangan. Diantaranya, akademisi, pengurus LSM, ORMAS, Wartawan, dan unsur lainnya.

Webinar mengunakan aplikasi zoom dengan tema "Merajut Nusantara Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber Media Peningkatan Ekonomi Digital di Masyarakat", dipandu oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Langsa, Khairul Amri, M.Pd  dengan menghadirkan tiga orang narasumber.

Meliputi, Anggota DPR-RI Dapil II Aceh Partai Golkar Ilham Pangestu, Staf Ahli Kominfo RI Prof Heri Subiakto, Dr Ismail Cawidu, M.SI, dan M. Nasir ST.

Dalam penyampaian materi, Ilham Pangestu mengatakan, teknologi komunikasi dan informatika digital melalui jejaringan internet atau webinar sangat berperan saat ini, terlebih dimasa pandemi Covid-19 yang membuat ruang gerak masyarakat sangat terbatas.

Namun, dengan adanya teknologi digitalisasi,  masyarakat tidak lagi bersusah payah dalam melakukan setiap kegiatan, berbagi informasi dengan sesama dalam segala hal.

"Teknologi ini juga dapat menghasilkan ekonomi jika dimanfaatkan untuk berbisnis, seperti penjualan barang-barang secara online. Selain itu, juga fasilitas penunjang dalam bekerja, belajar, maupun pembelajaran di sekolah, dan hal lainnya yang positif," tukas Ilham.

Sementara itu, M.Nasir ST mengatakan, penggunaan teknologi digital dari tahun ke tahun terus meningkat seiring perkembangan kemajuan.

"Tahun 2020 diperkirakan ada 25 juta orang pengguna internet, kemajuan dan fungsi digitalisasi semakin dibutuhkan oleh banyak masyarakat untuk berbagai keperluan, tanpa internet akan ketinggalan, baik dalam memperoleh informasi, dalam bekerja dan bidang lainnya," sebut Nasir.

Dari Kominfo RI, Dr Ismail Cawidu, M.SI, menjelaskan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai sumber media peningkatan ekonomi digital di masyarakat.

“Apakah kita sudah memanfaatkan TIK ini, untuk peningkatan kesejahteraan kita, kita sekarang ini ada di dunia maya, oleh sebab itu ada lima hal yang harus kita miliki dan kuasai," tukas Dr.Ismail.

Dr.Ismail menjabarkan, pertama memiliki perangkat telekomunikasi, kedua sinyal atau frekwensi, ketiga, aplikasi digitalisasi (sebagai medium), ke empat operator (Internet Service Previder) dan kelima adalah konten. Kalau ini sudah dikuasai dan miliki, maka semua pekerjaan yang akan dilakukan akan menjadi mudah.

Diakhir sesi, pemateri membuka ruang kepada peserta untuk tanya jawab. Selanjutnya ditutup dengan pembacaan doa.

Sesi penutup juga menampilkan kesenian rapai Aceh dengan judul “Gelombang Pasi” yang dibawakan oleh Sahabat Ilham Pangestu Sanggar "Sidom" Kota Langsa. | syafrul |

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...