Breaking News

Ie Leubeue…

Ie Leubeue…
Udang hasil tambak di Ie Leubeue

Ie Leubeue, Pasi Lhok adalah salah satu desa di Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie. Untuk menuju ke harus menempuh jarak sekira 2 kilometer, arah utara Kota Kembang Tanjong atau sekira belasan kilometer arah timur dari Kota Sigli, Ibukota kabupaten Pidie.

Belasan tahun lalu, meski jaraknya tidak terlalu jauh dari ibukota kecamatan (Kembang Tanjong), namun waktu tempuh terasa lama, karena jalannya berlubang dan tidak beraspal. Namun seiring dengan kondisi yang semakin membaik membuat derap pembangunan semakin menggeliat.

Kini ruas jalan untuk menjangkau pasar tradisional yang terkenal dengan kuliner ade Ie Leubeue (orang sering menyebutkan ade Kembang Tanjong) sudah mulus dengan aspal hotmix. Hingga jarak tempuh, dulunya tergolong lama, sekarang bisa ditempuh dalam waktu singkat, sekitar 10 menit.

Berbagai sumber BERITAMERDEKA.net, menyebutkan, asal muasal pasar Ie Leubeue itu lahir dari ide dan inisiatif masyarakat setempat untuk dijadikan tempat transaksi jual beli, terutama hasil laut, tambak serta hasil pertanian lainnya.

“Awalnya pasar ini hanya pasar pagi tempat ngopi para pelaut,” ujar warga setempat.

Pada awalnya, keude pedalaman itu hanya ada satu dua pintu ruko kayu yang difungsikan sebagai warung kopi dan menjual kebutuhan rumah tangga. Lahirnya pasar itu juga disebabkan jarak tempuh masyarakat pedalaman ke Ibukota Kecamatan Kembang Tanjong terlalu jauh dan hanya ditempuh dengan sepeda dayung kala itu.

Kini Pasar Ie Leubeue itu semakin tersohor namanya. Bebepara warga di sana menceritakan masa-masa pahit dan mencekamnya di kawasan pasar yang membuat keudee Ie Leubeue itu bagaikan pasar mati.

Masa-masa itu denyut perekonomian di sana sempat terhenti sama sekali ketika konflik melanda Provinsi Aceh. Saat itu, lanjutnya, sebagian besar warga di sana terpaksa hengkang alias eksodus.

Apalagi di kawasan itu ada seorang tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang sangat terkenal dan ditakuti yakni dengan nama populernya Daut Paneuek, asal Pasie Lhok Ie Leubeue. Meskipun masa-masa pahit dan sangat mencekam itu kini sudah berlalu dan berganti dengan kondisi kenyamanan, tapi sesekali terkadang juga perlu dikenang kembali dengan harapan jangan terulang lagi masa tersebut.

Saat sekarang ini, kondisi keamanan yang sudah membaik atau kondusif, banyak warga yang dulunya sempat keluar daerah, kini sudah kembali dan berjualan di Pasar Ie Leubeue itu. Mereka dapat hidup tenang, aman dan sejahtera di kampung halamannya. Sehingga potensi alam akan dapat terus dieksploitasi dengan tetap menjaga kelestariannya.

Keudee Ie Leubeue yang merupakan bagian dari Kota Kecamatan Kembang Tanjong yang awal nama asli awalnya adalah Asan Kumbang. Daerah ini, pernah disinggahi pertama kali oleh Deklarator Aceh Merdeka Teungku Muhammad Hasan Tiro.

Daerah ini sangat dikenal dengan kuliner yang diincar para foodies, seperti  Adee Ie Leubeu, yang ukurannya kecil dan berwarna kuning. Selain itu ada juga kupie boh manoek, Pulôt, kue putu Ie Leubue, kue seupet dan lainnya. |Rusli Ismail |

Sponsored:
Loading...
Loading...