Breaking News

IAIN Langsa Berpotensi Laksanakan UKW

IAIN Langsa Berpotensi Laksanakan UKW

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Sebagai salah satu Kampus Institut Agama Islam Negri (IAIN) Langsa siap menjadi salah satu pelaksana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada tahun 2021.

Hal tersebut diutarakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa, Putra Zulfirman pada sambutannya dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di Aula Barat kampus setempat, Selasa (16/02/2021).

"Kita menilai IAIN Langsa layak dan memiliki potensi untuk menjadi salah satu lembaga pelaksana UKW bagi wartawan di Aceh," ujarnya.

Alasannya sebut Putra, IAIN Langsa memiliki program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) berbasis jurnalistik, dan ini merupakan modal besar untuk mengurus izin pelaksana tersebut ke Dewan Pers.

Sampai saat ini, sudah banyak lembaga kompeten pelaksana UKW yang ditunjuk oleh Dewan Pers, baik atas nama organisasi maupun lembaga pemerintahan seperti perguruan tinggi.

Sementara untuk lembaga profesi yang telah ditetapkan sebagai pelaksana UKW sampai saat ini hanya PWI dan AJI.

Menurutnya, IAIN Langsa yang memiliki prodi atau jurusan komunikasi dan penyiaran bidang jurnalistik dapat menjadi pertimbangan untuk melaksanakan UKW dan IAIN Langsa dapat mengajukan kelayakan ke Dewan Pers.

"Kami dari PWI sangat mendukung bila IAIN Langsa menjadi pelaksana UKW, karena hal ini sangat membantu rekan-rekan wartawan daerah terutama di Kota Langsa untuk mengikuti UKW dan mendapat kompetensi sebagai wartawan profesional," ungkap Putra.

Terpisah, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembaan IAIN Langsa, Dr H M Suhaili Sufyan, MA mengapresiasi dan menyambut baik dorongan dari PWI.

"Dorongan ini menjadi motivasi bagi IAIN Langsa yang sedang mempersiapkan diri menuju UIN," kata Suhaili.

Dimana, konsep kampus merdeka yang diprogamkan oleh Mendikbud RI, salah satunya kerjasama antar lembaga upaya meningkatkan sumber daya manusia dan kelembagaan. | syafrul |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...