Breaking News

Hati-Hati! Inilah 7 Tanda Pasangan Sedang Berbohong

Hati-Hati! Inilah 7 Tanda Pasangan Sedang Berbohong
Sumber: https://pixabay.com/id/photos/cinta-muda-senang-bersama-hubungan-2839142/

Kejujuran salah satu prinsip utama dalam sebuah hubungan. Selain menumbuhkan rasa saling percaya, memupuk kejujuran dapat mempererat hubungan Anda dengan pasangan.

Hubungan asmara tak selalu berjalan mulus. Kadang salah satu pihak berpaling hati dan mulai menunjukkan ketidaktertarikan pada pasangan. Oleh sebabnya penting untuk mengenali tanda-tanda pasangan kita berbohong.

Kenali 7 Ciri-Ciri Pasangan Sedang Berbohong
Pasangan kekasih yang sudah atau belum menikah sering menjalani keseharian bersama. Ini tentu membuat mereka mengenal gerak-gerik satu sama lain.

Secara umum ada tujuh ciri yang mengindikasikan pasangan sedang berbohong, sehingga patut diwaspadai. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menanyakan pertanyaan sama berulang
Anda bisa mencoba cara mengetes kejujuran pacar dengan melontarkan pertanyaan kepada pasangan. Jika si dia tak kunjung menjawab, malah menanyakan kembali apa yang Anda tanyakan, kemungkinan ada sesuatu yang disembunyikan.

Pertanyaan Anda mungkin tidak susah, semudah menjawab ya atau tidak. Namun, pasangan yang terindikasi berbohong pasti membutuhkan waktu panjang untuk menjawabnya.

Sekiranya dia menanyakan kembali pertanyaan Anda, atau cenderung mengalihkan topik pembicaraan, maka Anda patut curiga. Ini merupakan  cara mengetahui orang berbohong menurut psikologi. Seseorang yang terindikasi berbohong akan melakukan hal tersebut untuk mengulur waktu dan memikirkan jawaban tepat.

2. Menghindari kontak mata
Mata merupakan jendela hati. Sorot mata merupakan cerminan isi hati seseorang. Mulut boleh saja berkata lain, tetapi tatapan mata tidak pernah bisa berbohong.

Orang yang sedang berbohong cenderung tidak percaya diri dengan perkataannya. Mereka akan berusaha menghindari tatapan mata lawan bicara. Tanda-tanda pasangan kita berbohong ini semakin jelas ketika dia menghindari kontak mata sekaligus menunjukkan bahasa tubuh yang tak biasa.

Gerakan yang tak wajar itu, seperti kaki gemetar, membunyikan buku-buku jari, keringat bercucuran, menggosok-gosok kepala berulang, atau menyembunyikan tangan ke dalam saku. Hal ini dapat menandakan pasangan sedang tidak nyaman karena tengah berbohong.

3. Nada bicara meninggi

Nada bicara seseorang yang sedang berbohong bisa meninggi tanpa disadari. Ini merupakan respon alami tubuh untuk menutupi kesalahan atau mengatasi keraguan yang ada. Selain nada bicara, temponya pun juga bisa ikut berubah.

Saat berbohong, seseorang cenderung berbicara dengan tempo lebih cepat karena didorong perasaan tak nyaman. Dia berupaya segera mengakhiri percakapan. Oleh karena itu, kedua hal ini juga perlu Anda perhatikan untuk mendeteksi kebohongan pasangan.

4. Tidak konsisten memberi jawaban
Prasangka buruk memang tak selalu benar, tetapi Anda dapat mencermati jawaban yang diberikan pasangan jika terindikasi berbohong. Pasangan yang sedang berbohong biasanya tidak konsisten menjawab pertanyaan.

Pasangan memaparkan respon beragam atas pertanyaan yang Anda ajukan. Jawaban-jawabannya berbeda, meskipun Anda melontarkan pertanyaan sama.

Si dia akan berusaha meyakinkan Anda dengan detail jawaban berbeda. Secara alami ini bisa terjadi karena mekanisme berpikir cepat untuk melontarkan jawaban. Pasangan tidak lagi berpikir jernih, membuat jawaban-jawabannya sedikit kacau dan tidak logis.

5. Menutupi ponsel atau gadgetnya
Tanda-tanda pasangan kita berbohong selanjutnya dapat dilihat dari  aksesibilitas terhadap barang pribadi, terutama ponsel atau gadget. Pasangan yang biasanya tidak mengunci ponselnya, tiba-tiba melakukannya. Bisa jadi ada sesuatu yang disembunyikan dari Anda.

Pasangan juga panik ketika Anda meminjam ponselnya. Lalu apa yang harus dilakukan jika pacar berbohong? Jangan buru-buru marah karena hal ini. Anda bisa mengatasinya dengan menanyakan secara lembut supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Bisa jadi pasangan Anda melakukan hal itu karena ada alasan positif. Namun, jika Anda merasa belum puas dengan jawabannya, Anda bisa mengajak pasangan bicara dari hati ke hati perihal kekhawatiran Anda terhadap hal tersebut. Hindari bersikap terlalu menyudutkan pasangan.

6. Kebohongan terus berlanjut
Pasangan yang berbohong akan menutupi kesalahan dengan cara terus berbohong. Kebohongan-kebohongan kecil akan berubah menjadi kebohongan besar.

Ketika Anda sebelumnya mendapati pasangan pernah berbohong, Anda perlu memerhatikan setiap jawabannya di lain waktu. Pasangan yang sering berbohong biasanya mudah melupakan jawaban yang diberikan untuk pertanyaan sama. Konsistensi jawabannya menurun.

7. Tampak kurang meyakinkan

Anda dapat mengamati ekspresi wajah dan tindakan pasangan. Ketika pasangan tidak tenang atau gelisah, maka kemungkinan dia sedang merasa khawatir. Ketika dia berusaha meyakinan Anda, hal tersebut tetap tak masuk akal.

Membongkar kebohongan pasangan memang tidak mudah. Salah langkah justru berisiko memperburuk hubungan dan menjauhkan Anda dari pasangan.

Coba ingat kembali kejadian yang baru saja kalian alami atau bicarakan. Bisa jadi hal tersebut ada kaitannya sehingga pasangan merasa perlu berbohong.

Contohnya Anda baru saja bercerita pada pasangan tentang ketidaksukaan Anda dengan laki-laki yang suka merokok atau bermain game online. Bisa jadi di lain hari pasangan Anda berbohong saat dia melakukan hal tersebut supaya tidak Anda tidak kecewa dan marah.

Anda tak perlu emosi menghadapi pacar yang suka berbohong. Ambil sikap elegan supaya hubungan tidak semakin buruk.

Contohnya ketika pasangan Anda berpamitan pergi untuk bermain badminton, dan dia juga membawa shuttlecock, padahal di hari tersebut seharusnya tidak ada jadwal bermain badminton. Dalam hal ini bisa jadi dia membawa shuttlecock sekadar untuk meyakinkan Anda.

Nah, Anda bisa mengatasi dengan mengajaknya bermain bulu tangkis saat itu juga. Pasangan yang awalnya ada acara lain bisa mengubah jadwalnya dengan berolahraga bersama Anda.

Jika Anda atau pasangan sedang mencari shuttlecock original dan murah, beli saja lewat aplikasi Blibli. Selain lengkap, Blibli juga menyediakan berbagai macam shuttlecock berkualitas yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Blibli juga membantu Anda menemukan barang-barang kebutuhan, mulai dari peralatan olahraga favorit, perlengkapan dapur, alat elektronik, hingga kebutuhan rumah lainnya.(**)

Sponsored:
Loading...