Breaking News

Guru SD Aceh Jaya di Bekali Pembelajaran Berbasi STEM

Guru SD Aceh Jaya di Bekali Pembelajaran Berbasi STEM

Calang, BERITAMERDEKA. net - Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Aceh Jaya, di bekali pembelajaran berbasis Science Technology Engineering dan Mathematics (STEM), dalam rangka persiapan sekolah tatap muka.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Setdakab Aceh Jaya, kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pendidikan dengan Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB dalam sambutan yang dibacakan Sekda Mustafa Ibrahim, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendikbud yang telah menugaskan narasumber dari Direktorat Sekolah Dasar untuk kegiatan workshop persiapan tatap muka melalui Project Based Learning STEM bagi guru SD Aceh Jaya.

"Semoga melalui kegiatan ini akan terjalin keselarasan pemahaman terhadap kebijakan Kemendikbud untuk dapat diterapkan di Aceh Jaya dalam penguat target kejar mutu Pendidikan di Aceh Jaya," ujarnya, Minggu (25/4/2021)

Dilanjutkan, Pemerintah Aceh Jaya memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Jaya melalui Gerakan Pembangunan Pendidikan Satu Mutu (Gerbang Satu Mutu) dan berharap Kemendikbud dapat mendampingi Aceh Jaya, menuju mutu pendidikan yang lebih baik di masa akan datang.

Adapun narasumber Nurfitriana, dari Direktorat Pendidikan Dasar Kemendikbud, menyampaikan bahwa pendidikan berbasis STEM akan membentuk peserta didik yang mampu bernalar dan berpikir kritis, logis, dan sistematis, sehingga mereka nantinya mampu menghadapi tantangan global dan memecahkan persoalan hidup

Peserta workshop terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam menyelesaikan setiap tugas berbasis STEM yang diberikan dengan memanfaatkan bahan dan peralatan sederhana sebagai media pembelajaran seperti mendesain parasut, dan terjun payung dari kertas kresek, ujarnya.

Ada juga membuat plastisin dari bahan makanan yang ramah anak, kemudian menguji aliran listriknya, serta mendesain pesawat terbang dari kertas HVS yang nantinya dapat diimplementasikan pada sekolah masing-masing, pungkas Nurfitriana

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya, Staf Khusus Bupati bidang Pendidikan dan Ekonomi, dan Kepala Dinas Pendidikan beserta jajaran Pengawas Kepala Sekolah, serta diikuti 70 orang peserta dari perwakilan guru SD dalam Kabupaten Aceh Jaya. |agus liandi|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...