Breaking News

Gubernur Wanita Afghanistan  Angkat Senjata Lawan Taliban, Akhirnya Berhasil Ditangkap

Gubernur Wanita Afghanistan  Angkat Senjata Lawan Taliban, Akhirnya Berhasil Ditangkap
Salima Mazari

BERITAMERDEKA.net -  Salah seorang gubernur wanita di Afghanistan, Salima Mazari memilih angkat senjata dan melawan Taliban untuk mempertahankan wilayahnya. Hal itu berbeda dengan sikap Presiden Ashraf Ghani yang kabur alias melarikan diri.

Berdasarkan informasi, gubernur wanita pertama di Afghanistan itu kini telah ditangkap usai melancarkan perlawanan keras terhadap pasukan Taliban.

Salima Mazari memilih tetap bertahan sampai Provinsi Balkh menyerah. Hal itu dilakukan hingga ketika distriknya di Chahar Kint jatuh ke tangan Taliban.

“Menurut laporan, pemimpin wanita itu telah ditangkap oleh Taliban setelah kelompok militan itu menguasai seluruh negara dan pemerintah Afghanistan,” demikian laporan News Track Live seperti dikutip dari Medcom, Jumat 20 Agustus 2021.

Sikap Salima Mazira jauh berbeda dari Presiden Ashraf Ghani yang telah melarikan diri dan kini bermukim di Uni Emirat Arab.

Salima Mazari menjadi salah satu dari hanya tiga gubernur wanita yang pernah ada di Afghanistan.

Sementara banyak Provinsi Afghanistan hancur tanpa banyak perlawanan, Salima mencoba segalanya untuk menjaga Chahar Kint di Provinsi Balkh.

Salima Mazari bersama pasukannya di Distrik Chahar Kint, melakukan pertempuran besar melawan Taliban.

Semangat gubernur wanita itu terlihat dalam perjuangannya bersama para prajuritnya saat melawan kekuatan tirani Taliban yang bertekad membangun kembali kekuasaan di Afghanistan.

Hingga musim gugur yang terakhir, Chahar Kint adalah satu-satunya wilayah di bawah kendali seorang wanita yang tidak termasuk dalam kelompok teror mana pun di wilayah tersebut. Menurut The Guardian, Salima Mazari berhasil menegosiasikan penyerahan 100 pejuang Taliban tahun lalu.(*)

Sumber:Terkini.id
Sponsored:
Loading...