Breaking News

Gubernur Buka UKW PWI Angkatan 12-13 di Langsa

Gubernur Buka UKW PWI Angkatan 12-13 di Langsa
Kadiskominfosan Aceh mewakili Gubernur Aceh, membuka pelaksanaan UKW PWI di Kota Langsa. (Beritamerdeka.net/Syafrul)

Langsa, BERITAMERDEKA.net- Gubernur Aceh yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian (Kominfosan) Aceh, Marwan Nusuf H.Sc. MA., membuka pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Angkatan 12 - 13 di Kota Langsa, Senin (29/03/2021).

Marwan Nusuf mengungkapkan UKW dinilainya  penting. Hal ini diperlukan, agar para wartawan  update ilmu alias meningkatkan kapasitas diri sendiri. Apalagi, sekarang ini, teknologi semakin canggih, sehingga wartawan harus dibekali dengan kemajuan.

"Dulu dan sekarang beda, kini IT semakin maju, dengan canggihnya informasi di dunia. Kita disini bisa mengetahui apa yang terjadi disebelah sana", ujarnya dihadapan puluhan peserta UKW dari seluruh Aceh ini.

Sementara itu, Anggota DPR Aceh, H. Jauhari Amin, SH. MH., menyebutkan wartawan itu, harus mendapatkan pendidikan pelatihan jurnalistik. Dan ia optimis wartawan di Aceh, semakin meningkatkan kapasitas dirinya.

Diharapkannya, tidak ada berita hoaks. Kalau wartawan yang sudah di UKW masih saja menyebarkan berita hoaks, maka UKW nya dianggap gagal.

Senada itu, Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, mengungkapkan, dalam setahun ini, sudah empat kabuoaten/kota yang menggelar UKW di daerah, yaitu Kota Lhokseumawe, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Kota Langsa.

Tarmilin Usman menambahkan, pelaksanaan UKW dilakukan selama dua hari, Senin - Selasa (30/03/2021), dan asesornya dari Dewan Pers Jakarta yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan selebihnya Aceh.

Sedangkan H. Marzuki Hamid, Wakil Walikota Langsa, mengatakan kompetensi sangat menentukan, apalagi di dunia jurnalistik. Pemberitaan-pemberitaan yang dihasilkan wartawan di daerah, akan memberi pengaruh besar dengan jalannya laju pemerintahan.

Ia mencontohkan, saat ini, Kota Langsa sedang menyoroti sektor wisata, dengan tujuan dapat mendongkrak perekonomian sekaligus mendukung Langsa sebagai Kota Jasa.

"Tentu saja, kiprah wartawan, ikut berperan aktif, sehingga informasi tentang menggeliatnya  pariwisata di daerah ini, tersampaikan kepada publik," tukas Wakil Walikota lagi.  | DEC |

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...