Breaking News

Gubernur Aceh Beri Lampu Hijau Perubahan IAIN Langsa Menjadi UIN

Gubernur Aceh Beri Lampu Hijau Perubahan IAIN Langsa Menjadi UIN
Rektor IAIN Langsa, sowan ke Gubernur Aceh di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh. (foto Ist)

Langsa, BERITAMERDEKA.net – Saat kunjungan silaturahmi Rektor IAIN Langsa ke Pendopo Gubernur Aceh, Kamis (06/05/2021). Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, ST. MT., memberi lampu hijau terhadap langkah kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Zawiyah Cot Kala Langsa.

"Kita mendukung, apalagi hal tersebut relevan dengan program Aceh Carong dan buktikan dalam bentuk konkrit di BPSDM dengan program beasiswa dan lainnya. Terhadap support ke IAIN Langsa ini, bagi saya, selama tidak berbenturan dengan aturan yang ada," ungkapnya.

Gubernur Aceh menjelaskan, terkait dengan peningkatan akses mutu pendidikan, Gubernur meminta agar pihak IAIN Langsa dapat mengusulkan program-program tersebut.

Sebelumnya, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyampaikan, di era revolusi industri 4.0, IAIN Langs,a tentu perlu melakukan berbagai pengembangan yaitu, penambahan Prodi baru baik S1 dan S2, peningkatan Sumber Daya Manusia ketenagaan, penambahan sarana dan prasarana pendidikan, penerapan manajemen digitalisasi, perlunya integritas keilmuan guna merespon merdeka belajar dan kampus merdeka serta transformasi kelembagaan menjadi UIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

"Tranformasi menjadi UIN, merupakan sebuah tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang nantinya kajian keislaman pada perguruan tinggi keagamaan akan terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu lainnya, hal ini sebagai bagian penting upaya kemajuan ilmu-ilmu keagamaan yang aplikatif dan membentuk peradaban masyarakat," jelas Rektor.

Dalam paparannya ke orang nomor satu di Aceh ini, Rektor juga menyebutkan  dukungannya terhadap program prioritas Gubernur Aceh, baik program peningkatan SDM yang diaplikasikan dalam program Aceh Carong, program Dinul Islam, dan Budaya Aceh.

"Program tersebut penting untuk peningkatan martabat dan mengantarkan Aceh yang unggul dan sejahtera dimasa akan datang," pungkas Rektor.|syafrul|

Editor:
Sponsored:
Loading...