Breaking News

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Kejutkan Warga Aceh Jaya

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Kejutkan Warga Aceh Jaya

Calang, BERITAMERDEKA- Para warga Aceh Jaya di kejutkan dengan getaran Gempa bumi berkuatan magnitudo
5,2 yang pusat gempa pada 48 kilometer barat daya Aceh Jaya sekira pukul 22.05 Wib.

Fajri Kalak BPBD Aceh Jaya saat dihubungi mengatakan gempa bumi yang terjadi di daerah itu mengagetkan warga, namun getaran gempa hanya terjadi sebentar dan pusat gempa agak jauh dari daratan.

Menurutnya gempa bumi yang terjadi di laut Aceh Jaya tidak menyebabkan korban dari warga namun sempat mengagetkan karena terjadi disaat warga sedang beristirahat dan sedang di warung kopi.

" gempa bumi tidak berpotensi tsunami tetapi masyarakat perlu waspada dan siaga terhadap gempa susulan yang mungkin saja terjadi," jelas Fajri.


Sementara Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi di kedalaman 49 km pada koordinat 4.34 LU dan 95.26 BT.

Lokasi gempa diketahui berada di laut, 48 kilometer (km) arah barat daya Kabupaten Aceh Jaya.

Getaran gempa dirasakan di sekitar wilayah Banda Aceh dan Nagan Raya dalam skala II hingga III Modified Mercalli Intensity (MMI), serta wilayah Aceh Jaya dalam skala III MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian.

Pada skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan dalam skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. |MUSLIADI|

Sponsored:
Loading...