Breaking News

Gampong Blang Kuta Coh, Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Gampong Blang Kuta Coh, Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Bireuen, BERITAMERDEKA.net - Di tengah wabah virus corona COVID-19 yang semakin meluas terutama di Indonesia, termasuk Aceh, berbagai tindakan dilakukan untuk mencegah orang terinfeksi lebih banyak. Mulai dari menyerukan himbauan untuk cuci tangan, melakukan social distancing, hingga lockdown.

Demikian dikatakan Keuchik Blang Kuta Coh, Kecamatan Simpang Mamplam, Basri Muhammad kepada Beritamerdeka.net, Senin (10/5/2021) di desa setempat.

Dikatakan, salah satu cara yang sudah mulai banyak dilakukan yaitu penyemprotan cairan desinfektan. Tindakan penyemprotan cairan ini mulai dilakukan di Meunasah, kantor Keuchik dan tempat yang dianggap penting yang sering dihuni warga hingga area perkantoran untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Desinfektan adalah sebutan bagi larutan atau zat kimia tertentu yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme yang ada pada suatu objek tertentu. Sehingga membuat penggunaan desinfektan penting untuk mencegah terjadinya infeksi," jelas  Basri.

Sementara itu, banyak pertanyaan dari warga, apakah cairan desinfektan itu aman jika mengenai kulit secara langsung?

"Insya Allah, karena fungsinya untuk mencegah infeksi, membuat cairan desinfektan itu bisa digunakan secara meluas pada kulit atau berbagai alat kesehatan. Pada kulit normal, cairan desinfektan tidak akan menimbulkan efek samping,", tambahnya.

Selain luka, orang-orang dengan kulit yang sensitif juga bisa menimbul meluas
reaksi alergi terhadap bahan cairan desinfektan tersebut," imbuhnya.

Jika hal itu terjadi dan muncul gejala seperti gatal, merah, dan perih, segera bersihkan dengan air yang mengalir. Setelah itu, gunakan obat anti inflamasi untuk mencegah terjadinya infeksi yang berkelanjutan, ujar Basri mengakhirinya.(Umar A Pandrah).

Editor:
Sponsored:
Loading...